Follow Us @soratemplates

Sunday, 21 October 2018

No Escape/Action-Thriller/2015

Sumbernya dari sini
Main cast: Owen Wilson, Pierce Brosnan
Rate Imdb: 6,8/10

Comment:

Berdasarkan pengalaman gw nonton film yang durasinya 1 jam 43 menit, hampir 1 jam gw dibikin berdebar udah kaya lagi naik roller coaster Jungle Land 😨 Tapi sayangnya lonjakan adrenalin ini sumbernya bukan dari alur cerita film yang gak terduga kaya di Drishyam, tapi karena kengerian dan kebrutalan sekelompok masa yang mindlessly.

Sumbernya dari sini
Berlatar di salah satu negara asia tenggara yang berbatasan langsung sama Vietnam, film ini bercerita tentang perjuangan keluarga Jack Dawyer (Owen Wilson) yang baru pindah ke negara tersebut karena penugasan dari perusahaan. Belum ada 2 hari, keluarga dengan 2 orang putri kecil ini harus menghadapi situasi antara hidup dan mati karena pemberontakan penduduk sekitar. Selama masa escape ini, keluarga Jack diselamatkan oleh agen rahasia Inggris, Hammond (Pierce Brosnan) yang mengklaim kalo ini adalah sebagai akibat ulahnya.

I didn't have any expectation about this film before dan bahkan gak tau cast-nya siapa. Cuma diceritain ini film tentang sekeluarga Amerika yang mau kabur dari sebuah negara asia tenggara pas ada konflik. 

Hmmm...oke.

Seperti sudah terbayang ya bakal gimana alurnya. Awal-awal pasti perkenalan tokoh dan latar belakang konflik. Dilanjut dengan scene dor-dor tembak menembak lalu diakhiri dengan "yeay selamat dari konflik. Hidup bahagia selamanya". Ya hampir sebagian bener sesuai dugaan gw. But, unfortunately... latar belakang konfliknya terlalu dangkal buat gw 😩. Lagi-lagi cuma berdasarkan tuturan seseorang tanpa adanya visualiasasi. Mirip sama Skyscraper. Tapi yang bikin beda adalah intensitas dan ketegangan yang diciptakan difilm ini lebih bagus dan bikin gw gak mau melewatkan 1 adeganpun.

Selain itu, banyak hal yang mengganggu gw. Berasa kurang teliti aja gitu. Pertama, pemberontakan udah  berlangsung cukup masif dan meluas tapi gak ada militer yang turun tangan ? cuma Polisi-Polisi yang dipukul mundur pemberontak discene awal. Weird. Ditambah para pemberontak yang mostly adalah penduduk sipil masa punya TANK BAJA?! 😱 at this point, gw mengira ada kudeta dinegara tersebut dan manfaatin kelompok radikal untuk mengkambinghitamkan para bule itu. But no.  I was wrong.

Sumbernya dari sini
Kedua, pas masuk border line Vietnam masa para penjaganya ngomong pake bahasa Inggris ? 😥 Hmmm mungkin emang sengaja untuk mengecoh penonton sih ya. Ketiga, endingnya terasa maksa. Keempat, agak kurang logis sih gedung Kedutaan Amerika pagernya kaya pager rumah biasa 😩 dan dengan gampangnya di-take down. Coba liat Kedubes Amerika di Jl. Medan Merdeka Selatan. Setau gw pagernya aja tinggi banget, dilapisin penutup item-item (apa sih namanya tuh?) dengan security guard tinggi. 

US Embassy di Jakarta (sumbernya dari sini)
US Embassy di film 😓
Oiya. Ada lagi. Etapi buat sebagian orang bisa jadi nilai plus film ini sih: adegan tembak-tembakannya. Ngeri! 😱

Tenang...ada hal yang menurut gw bagus disini. Keterkaitan film ini dengan fakta kondisi kebanyakan negara asia tenggara dan jokes-nya Jack yang sedikit tapi efektif. FYI pas Jack muncul then I noticed hidungnya 😀"ah! ini yang main di Night at The Museum, yang jadi koboi itu". Soal akting dan dialog-dialog yang muncul disini gak too much. Bener-bener menggambarkan kondisi orang biasa (not super human like Dwayne did 😝) yang gak selalu kuat dan situasi genting. 

Best scene: nope. Gak ada keindahan yang kurasakan disini 😩

Rate (1-10): 7/10
Recommendation (yes/no): yes tapi jangan berharap lebih.

2 comments:

  1. eh iya ya, kantor perwakilan Amrik setau saya juga tertutup gitu yak, bahkan di Surabaya dipindah di tempat yang jauh banget dari pusat kota. Plus gak boleh ngambil foto apapun di sekitar situ.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah di Surabaya juga ada ya mbak ? kukira di Jakarta doang :D
      mungkin karena banyak dokumen dan orang2 penting disitu kali ya jadi gak boleh sembarangan foto hmmmm...

      Delete

Hai~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Semoga tulisan gw membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin