Follow Us @soratemplates

Monday, 29 October 2018

Split/Horror-Thriller/2016

Sumbernya dari sini
Main cast: James McAvoy
Rate Imdb: 7,3/10

Comment: 

Soooo...beberapa hari lalu gw lagi buka Twitter, lalu ditimeline gw muncul akun film reviewer yang upload poster film Indonesia yang tema ceritanya tentang orang dengan kepribadian ganda. Nah gw baca kan reply-nya. Mostly pada bandingin sama film SPLIT.

HMMMM... SPLIT ya ? gw baru denger nih judulnya.
Film ini banyak diomongin orang, brati kayaknya bagus nih. Kalo bagus seharusnya si aa punya 😁 

πŸ‘©: Malem ini nonton Split aja ya
πŸ‘¨:  Are you sure? It's not your movie loh. Kind of boring. Makanya gak aa tawarin
πŸ‘©: Tau. Film-film psikologi gitu kan. i'm OK. 
πŸ‘¨: Ok, sure.

Let's talk about the film!

Film ini ceritanya tentang Kevin Wendell Crumb/Barry/Dennis/Mrs. Patricia/Hedwig/The Beast (James McAvoy), seorang penderita DID (Dissociative Identity Disorder) dengan 23 kepribadian! Beberapa kepribadian Kevin: Mrs. Patricia, Dennis dan Hedwig meyakini bahwa ada kepribadian ke-24 (yang masih misterius tentunya karena belum teridentifikasi oleh psikiater kepercayaan Kevin: Dr. Fletcher (Betty Buckley)) yang jauh lebih kuat dari mereka yaitu The Beast yang dianggap lebih mampu untuk melindungi Kevin. Ini kalo gw gak salah nangkep ya, Dennis terus nyulik 3 gadis remaja dari parkiran Mall untuk dipersembahkan ke si The Beast. Nah 3 gadis ini berusaha kabur dari tempat mereka disekap sebelum si The Beast muncul.

Aduh gw bingung mau bahasnya gimana πŸ˜…
oke. I'm trying my best. Dari awal gw udah dibikin merinding. Bukan...bukan karena ceritanya yang langsung serem-serem, tapi justru karena backsound yang bikin tegang dan credit film yang ditampilkan selang seling dengan filmnya. Gimana ya jelasinnya... intinya scene-credit film-scene beberapa kali sampe bener-bener full masuk filmnya. Nice one. Baru kali ini gw nonton film yang creditnya udah nongol diawal.
Sumbernya dari sini
I have no idea bakal gimana filmnya karena gw cuma berbekal "oh ini film tentang DID" karena gak nonton trailernya. Tapi gw udah ada sedikit gambaran tentang film/serial yang temanya DID. Pernah nonton drama Korea Hyde, Jekyll and Me (2 kepribadian) ? atau Kill Me Heal Me (3 kepribadian) ? πŸ˜€ nah tuh mirip-mirip deh cuma Split ini lebih ekstrim. Cuma sayang kepribadian yang bener-bener ditampilin disini cuma : Dennis, Mrs. Patricia, Hedwig, The Beast, Barry sama Kevin. Lainnya cuma ditampilin dalam bentuk video diary dalam komputer. Bagian video diary ini sama kaya di Hyde, Jekyll and Me πŸ˜„ tiap ganti kepribadian, mereka akan selalu record cerita mereka hari itu biar kepribadian lain saling tau aktivitas masing-masing.

Setelah nonton sampe selese gw menyimpulkan bahwa ini film yang intens tapi gak horror. Okelah kalo film ini dilabeli dengan 'thriller' tapi 'horror' ? hmmmm.... πŸ˜•

Lalu bagian yang menurut gw menarik (surprising of course πŸ˜†) dan menegangkan justru pas para gadis berusaha meloloskan diri dari tempat penyekapan yang ntah ada dimana. Kalo cerita soal DIDnya emang rada membingungkan dan bosen sih (for some people ya) karena disini kita dikasih penjelasan tentang DID  tapi gw suka πŸ˜€ karena:

Split ini bikin kita gak cuma nonton film tapi ada belajar juga soal mental disorder itu gimana
Sinematografinya juga bagus. Lebih banyak nge-close up wajah biar kita makin berasa perbedaan antarkepribadian dan emosi yang dibangun. Mantep deh James McAvoy nih bisa jadi beberapa orang sekaligus. Oiyaa adalagi. Ada scene yang menurut gw cakep karena komposisi warnanya.


Cakep kan ? Ijo, ketemu oren ketemu coklat. Adem tapi warm

Selain film ini cerita soal mental disorder yang dialami Kevin, disini juga di ceritain soal Casey (Anya Taylor-Joy) salah satu cewek yang diculik Dennis. Baik cerita Kevin dan Casey, semua ditampilkan dalam bentuk flash back maju mundur gitu. Cuma anehnya malah porsi masa lalu Casey lebih banyak diceritain disini ketimbang Kevin si tokoh utama. Hmmm

Sumbernya dari sini
Keanehan lain dalam film ini adalah tidak ada polisi yang beraksi padahal 3 anak gadis hilang dari parkiran mall dan sudah berhari-hari lamanya. Mungkin CCTVnya rusak 😁 padahal ketika Dennis beraksi dia gak pake penutup wajah atau topi. Harusnya sih mudah untuk dilacak yekaaann... Gak cuma itu, ada scene si The Beast jadi bullet proof πŸ˜‚ Aduuuhhh... iya sih memang The Best ini kepribadian terkuat tapi kan dia masih ada ditubuh Kevin yang manusia biasa. Too fantasize jadinya.

Katanya si aa, ini film nih kayaknya bakal ada lanjutannya deh soalnya endingnya munculin pak Bruce Willis yang jadi jagoan di film UNBREAKABLE. Unfortunately gw belum pernah nonton film tersebut jadi can't relate huhu. Soon akan gw tonton biar kalo beneran ada lanjutannya, gw bisa ngikutin πŸ˜€

Film ini gak sepenuhnya menggambarkan DID yang sebenarnya karena ya ini film yang salah satu tujuannya untuk menghibur. Tapi  kita tetep bisa mengambil pelajaran:
Film ini semakin menyadarkan kita soal mental disorder itu jelas membahayakan diri sendiri juga orang lain  (makanya harus ada pertolongan dari experts). Sebagian penyebabnya adalah trauma masa lalu dan penyebab trauma itu bisa datang dari orang yang sangat dekat
Ohiya ada lagi.

Disini juga menggambarkan gimana seharusnya seorang experts menangani penderita mental disorder

*Gw pernah baca share respon IG Story salah satu selebgram dan selebtwit yang lagi bahas mental disorder, banyak dari mereka (yang curhat ke selebgram dan selebtuit itu) yang saat itu lagi butuh bantuan profesional  malah dapet judgment dari experts* 
*CMIIW yaaa*

Rate (1-10): 7/10
Recommendation (yes/no): Yes

Segitu aja deh komentar gw soal Split. Hope you enjoy it ya! 😊

🎬Salam Hangat,
Dari yang suka komentarin film

No comments:

Post a Comment

Hai~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Semoga tulisan gw membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin