Follow Us @soratemplates

Thursday, 29 November 2018

Dunkirk/Action-Drama-History/2017

Sumbernya dari sini
Main cast: Fionn Whitehead, Aneurin Barnard, Tom Hardy, Harry Style dll.
Rate Imdb: 7,9/10
Director: Christopher Nolan
Movie Ratings Guide: PG-13
Comment:

They need to send more ships. Every hour, the enemy pushes closer
--Captain Winnant--
Dunkirk provide me a 1 hrs 42 mins of never ending tension and teach us that "there was a glimmer of hope in the midst of despair". Sebuah film yang membagi dua kubu penonton: (eeeh bukan ceb*ng dan kam*ret yaaa) penonton yang suka bangetttt atau enggak bangeet. Kalo dari cerita menurut gw biasa aja malah cenderung membingungkan kalo gak pay attention on the detail, cuma kalo dari segi teknis...bagus banget!

🌻🌻🌻🌻🌻

Pada pembukaan gw udah bilang kan kalo Dunkirk ini ekstrim banget sampe bikin orang suka banget atau gak suka banget. Kenapa karena ini adalah film dengan penampilan berbeda yang pernah gw tonton. Ini film sejarah tapi kemasannya out of the box. Oooo jelas, pak Christoper Nolan yang nge-direct πŸ‘ ingat film Interstellar ? Nah itu salah satu garapan beliau. Udah kebayang kan kira-kira Dunkirk ini gimana ? 

Mirip dengan Interstellar yang baru gw akui kualitasnya setelah 3x nonton. Dunkik baru bisa gw bilang bagus setelah 2x nonton dan baca sejarah aslinya gimana. Pada saat pertama kali nonton, gw bingung hampir setengah jalannya film. INI FILM MAUNYA GIMANAAAA SIHHHH?! πŸ˜‘ otak gw rasanya kaga nyampe menjangkau kecerdasan pak Nolan. Ntar cerita prajurit-prajurit darat. Ntar cerita bapak-bapak berlayar. Ntar cerita 3 pilot pesawat tempur 😡 yang keliatannya gak berhubungan. Tapi setelah gw baca sejarahnya Dunkirk dan re-watch lagi barulah gw paham maksud dan tujuannya pak Nolan mau gimana.


Dunkirk menceritakan proses penyelamatan ratusan ribu tentara Inggirs dan Perancis yang terdesak oleh pasukan musuh di pantai Dunkirk, Perancis tahun 1940 (Perang Dunia ke-2). Para tentara tersebut harus segera dievakuasi dengan cara menyebrang ke Inggris. Masalah muncul ketika kapal perang untuk evakuasi terus-terusan diserang pihak Jerman lewat serangan udara dan laut. Nasib para tentara diujung tanduk. Antara hidup dan mati. Lalu keajaiban muncul dengan adanya ratusan kapal-kapal penduduk yang dengan sukarela berlayar dari Inggris ke Dunkirk untuk membantu proses evakuasi. 

Secara garis besar, ini bukan film tentang kisah heroik seorang prajurit. Jadi gak perlu capek-capek nginget-nginget nama-nama karakternya πŸ˜‹ Ini film visualisasi salah satu sejarah perang dunia ke-2 lewat 3 sudut pandang yaitu : di darat, di laut dan di udara dengan 3 durasi waktu berbeda, 1 minggu untuk bagian di darat, 1 hari untuk bagian di laut dan 1 jam untuk bagian di udara. Ketiganya ditampilkan lewat editing yang yahud secara bergantian dan saling bersinggungan untuk membangun alur cerita. Keren banget sih ini idenya. Gak heran Dunkirk banyak menang di berbagai awards untuk kategori best editing, sinematografi, efek suara dan directing.
Gampangnya Dunkik adalah materi pelajaran sejarah tentang perang dunia ke-2 yang ditranskripsi ke media audiovisual

Karena fokus utama film ini bukan seorang karakter, makanya disini gak ada pengembangan karakter. Ada sih subplot survival beberapa prajurit yang berusaha selamat dari serangan-serangan musuh di laut. Tapi tetep aja gak ada satu pun karakter yang didapuk untuk membangun emosi penonton karena balik lagi, emosi dan suasana disini emang mau dibangun lewat keseluruhan bagian film terutama musik. Padahal sayang banget disini ada Tom Hardy loh.

Seperti biasa, gw suka banding-bandingin film πŸ˜†
Awal-awal nonton dan denger efek suara di Dunkirk, (sebelumnya gw gak tau siapa director-nya) gw udah menduga ini pasti director yang sama di film Interstellar karena musik dan efek suara keduanya mirip. Kemiripan lainnya adalah ini film sama-sama bikin puyeng kalo cuma sekali nonton. Interstellar puyeng karena istilah yang dipake berat, sementara ini puyeng karena pake 3 sudut pandang.

Kemudian gw membandingkan Dunkirk dengan Pearl Harbor(2001) yang sama-sama berlatar perang dunia ke-2 era 1940an dan bergenre action-drama-history. Kalo bandingin dari segi teknis, jelas Dunkirk diatas angin. Kalo dari segi cerita dan pengembangan karakter, Pearl Harbor is better, cuma bumbu cinta segitiganya kebanyakan πŸ˜’ Bagian action (perang) di Pearl Harbor juga lebih greget karena lebih fokus pada satu bagian: bombing, beda dengan Dunkirk yang actionnya emang banyak tapi kaya kurang garem dikit gitu hihi lah iya jelas, pan ceritanya pihak Inggris-Perancis udah gak berdaya gak bisa balik nyerang lagi. Apalagi kalo dibandingin sama bagian perang-perangan di film Saving Private Ryan (1998) beuhhhh~ jauh. Saving Private Ryan lebih rame, brutal dan berdarah-darah parah (banget) sampe gw mual liatnya 😱


🌻🌻🌻🌻🌻

As final conclusion,
Dunkirk adalah salah satu film dengan visualiasasi dan editing terbaik. 
Ini bukan tentang seseorang. Ini tentang serangkaian peristiwa sejarah. 

Rate (1-10): 7,5/10
Recommendation (yes/no): Yes

Hope you enjoy my review ya! 😊

🎬Salam Hangat,
Dari yang suka komentarin film

2 comments:

  1. saya dong nonton ini gara-gara yang main harry style :(
    tapi ketika masuk studio saya nggak nyesel sama sekali. memang agak membingunkan dari segi latar waktu, dan saya yang bodoh ini baru ngeh pas di akhir cerita dibilangin kalau latar waktu masing-masing tempat kejadian itu bedaa. film yang main-mainin latar waktu emang oke banget sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harry Style lumayan banyak dialognya ya... yang kasian Tom Hardy mbak xD sepanjang film pake masker, baru dilepas pas akhir film hahah

      Iya mbaakk, tapi enak bisa nonton di bioskop, audionya makin mantep ya!
      Film-filmnya Christopher Nolan emang bikin mikir hihi

      Delete

Hai~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Semoga tulisan gw membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin