Follow Us @soratemplates

Wednesday, 24 April 2019

Hijrahku Adalah Tentang Proses, #AyoHijrah Bersama Bank Muamalat Indonesia

Assalamualaikum! Annyeong~

Hijrah tuh apa sih ? 
Menurut pehaman gw, hijrah adalah "berpindah". Maksudnya bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain seperti kisah hijrah Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah atau bisa juga maksudnya berpindah dari sesuatu yang buruk menjadi baik atau dari yang sudah baik menjadi semakin baik lagi.

Gw tumbuh dalam lingkungan yang bisa dibilang cukup agamis tapi gak agamis-agamis banget... (?) ya moderat gitu lah. Orang tua gw keras untuk urusan sholat, ngaji dan sekolah agama sepulang sekolah umum tapi sama sekali gak pernah terceletuk perintah untuk pakai kerudung.

Menjelang usia baligh yaitu usia SMP, gw udah mulai pake kerudung. Tapiiii... cuma pas pake seragam sekolah aja heheh itupun terpaksa gara-gara ada PERDA yang mewajibkan anak sekolah (perempuan) yang beragama Islam untuk pakai kerudung selama kegiatan belajar mengajar. Selain itu yaaaa... gw bangga mempertontonkan rambut pendek gw yang keren karena mirip rambutnya mbak Liliana Natsir hihi

Makin dewasa, memasuki masa SMA, lingkar pertemanan gw bertambah luas dan makin variatif.
Sejak awal masuk SMA, gw berteman akrab dengan seseorang yang udah mulai istiqomah menutup auratnya dan memanjangkan kerudungnya, sebut saja namanya Shasha. Shasha ini sering minta ditemenin beli kerudung kalo pulang sekolah. Saat itu lah, mulai terbersit dikepala gw:
"ih gw pengen juga pake kerudung warna-warni yang gak cuma putih (karena seragam sekolah) kayaknya lucu"
Gak lama, gw udah mendeklarasikan kalo gw akan pake kerudung sepenuhnya. Secepat itu... hahah~ tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Gak pake mikir panjang "Kerudungin hati dulu baru kepalanya"

Respon keluarga gw gimana ? B aja! hahah seperti tidak terjadi apa-apa dalam hidup gw. It's Okay... gw emang ga berharap apapun. Toh kakak-kakak gw pun memutuskan pakai kerudung tanpa adanya paksaan dan omelan dari orang tua gw. 

Enggak kok...enggak... gw gak langsung tiba-tiba pake niqab waktu itu.
Hijrah buat gw adalah tentang proses karena dari situ lah gw menjadi belajar.

Semasa SMA gw masih pakai baju ketat, celana jeans dan kerudunga yang sekedar nutup kepala aja. Apalagi waktu itu lagi hype banget model kerudung segi empat yang dimodifikasi sedemikian rupa dengan jarum pentul memenuhi kepala hahahha! Ribet padahal tapi ya namanya juga demi keliatan gawl tapi tetep patuh sama aturan agama...

Gw ketika kuliah vs Gw saat ini

Memasuki era perkuliahan, sedikit-sedikit gw mulai melonggarkan pakaian dan memanjangkan kerudung gw jadi agak menutup dada. Tapi yaaaa masih dengan celana jeans kesayangan karena alasan mobilitas yang padat sebagai mahasiswa. Alasan aja~

Selepas lulus kuliah di Jogja, gw kembali merantau di Jakarta untuk berkerja disalah satu perusahaan game online asal Singapura. Walaupun perusahaan tempat gw bekerja kesannya lebih santai, sporty dan anak-muda-banget, gw justru semakin mengulurkan kerudung gw, selalu berkaos kaki dan sudah ikhlas say goodbye ke koleksi celana jeans gw.

Alasanya ? Gw cuma berusaha menjadi lebih baik disetiap fase kehidupan gw 

Ada satu pengalaman dikantor tersebut yang bikin gw agak gimana gitu. Salah seorang kolega kerja gw ngomentarin tampilan gw yang bergamis dan berkerudung panjang.

"Nike mau pengajian dimana? hahah"

Sakit hati ? Enggak.
Sebel ? Iya! Kenapa sih yang pake pakaian tertutup sering dikomentarin kaya gitu giliran yang pake pakaian terbuka dibiarin aja malah justru sering dipuji ?

Gak lama setelah gw resign dari kantor tersebut, gw memutuskan untuk menikah~
Proses hijrah gw gak cuma berhenti sampe ditahap gamis dan kerudung panjang. Justru pada fase inilah prosesnya semakin terasa berat dan menantang kenapa ? karena sudah mulai berkaitan dengan masalah keuangan.

Salah satu kemudahan dari Allah, gw dan suami punya satu pandangan yang sama yaitu : Berusaha terbebas atau setidaknya meminimalisir riba dalam pengelolaan keuangan rumah tangga kami demi kehidupan yang lebih berkah. Memang kami belum sepenuhnya terlepas dari hal-hal yang berkaitan dengan riba hasil warisan masa-masa sebelum hijrah, tapi saat ini kami sedang (dan terus) berusaha. IshaAllah.

Beruntung saat ini kami berdua menemukan kampanye #AyoHijrah yang digagas oleh Bank Muamalat Indonesia. Rasanya kaya nemu sumber mata air ditengah gurun pasir *eaaakkk... eh gak ding... rasanya kaya nemu emergency lamp di tengah gua yang gelap gulita yang jadi penerang jalan biar kami gak kesandung apalagi keperosok dalam lubang hitam tak kasat mata~

Let me tell you about gerakan #AyoHijrah ini ya... biar kita sama-sama tercerahkan hihi

Sumber: www.facebook.com/BankMuamalatIndonesia

#AyoHijrah merupakan suatu gerakan dari Bank Muamalat Indonesia untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia bersama-sama selalu meningkatkan diri ke arah yang lebih baik dalam segala hal terutama layanan perbankan (pengelolaan keuangan) dengan memanfaatkan layanan perbankan Syariah untuk hidup yang lebih berkah sehingga harapannya kedepan menjadikan agama Islam sebagai jalan hidup, gak cuma jadi agama yang mengatur urusan ibadah aja.

Selain itu #AyoHijrah juga punya goals untuk menyetarakan pertumbuhan nasabah bank syariah agar setara dengan kondisi Indonesia yang didominasi oleh muslim.

Kalo udah tau gerakannya, sekarang kita kenalan sama penggagasnya yuk!

Bank Muamalat adalah bank pertama murni syariah di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1992 yang tidak menginduk dari bank lain, sehingga terjaga kemurnian syariah nya karena pengelolaan dana di Bank Muamalat didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi syariah yang dikawal dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah

Produk-produk yang dimiliki Bank Muamalat Indonesia gak kalah dengan bank konvensional loh... 
Contohnya: 
  • Tabungan iB Hijrah
  • Tabungan iB Hijrah Haji dan Umrah
  • Tabungan iB Hijrah Rencana
  • Tabungan iB Hijrah Prima
  • Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah
  • Deposito iB Hijrah
  • Giro iB Hijrah
Dari sekian produk yang dimiliki Bank Muamalat Indonesia, gw paling tertarik sama Deposito iB Hijrah karena saldo minimalnya rendah, fleksibel dan yang paling penting akad yang  digunakan adalah akad mudharabah jadi gw bisa mulai belajar investasi tanpa khawatir adanya riba.

Fasilitasnya juga udah lengkap ditunjang dengan berbagai fasilitas seperti Mobile Banking, Internet Banking Muamalat dan jaringan ATM dan Kantor Cabang hingga ke luar negeri

Lalu gimana Bank Muamalat Indonesia mengkampanyanyekan gerakan #AyoHijrah ?

Bank Muamalat Indonesia banyak terjun ke masyarakat melalaui kegiatan-kegiatan seperti Seminar Perbankan Syariah, Open Booth dipusat kegiatan masyarakat, membuat kajian islami dengan menghadirkan nasasumber dari kalangan ulama dan pemberdayaan masjid sebagai salah satu agen perbankan syariah. 

Saat ini juga lagi ada kegiatan kompetisi blog bank muamalat untuk gerakan #AyoHijrah yang hadiah utamanya adalah Umroh! Aduh siapa sih yang gak kepengen Umroh ke tanah suci? Yuk Ikutan jangan sampe kelewat~
Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut soal Bank Mualamat Indonesia dan gerakan #AyoHijrah ? Yuk kepoin kanal sosial media Bank Muamalat Indonesia berikut ini: 

Sekian dulu tulisan gw kali ini semoga membawa manfaat untuk yang baca :)


"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Wassalamu'alaikum and see ya~
💗Salam hangat dan have a good day💗

6 comments:

  1. semangat berhijrah mbaa.. semoga istiqomah..
    menggunakan layanan perbankan syariah juga bagian dari hijrah ya mbaa.. keren,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak soalnya sepengalaman saya, apalagi kalo udah nikah, godaan riba tuh semakin kencang :(

      Delete
  2. Saya jadi malu sendiri baca ini, soalnya saya udah belasan tahun berjilbab tapi masih acak adut banget pakaiannya.
    Kadang pakai rok, kadang pakai celana lagi.
    Duhhh huuhu

    Tapi kalau masalah bank saya setuju banget dengan hal-hal yang syariah, karena sudah sering banget mengalami hal2 yang emang bener mengapa riba itu dilarang Allah.

    Meskipun, tentu saja bukan berarti saya lepas dari bank konvesional, tapi perlahan namun pasti saya mencoba lebih bijak untuk hirah ke hal-hal yang diberkahi Allah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh gak apa-apa mbak saya juga masih banyak banget yang harus dibenahi soal penampilan... yang penting udah lagi dan sedang berusaha :)

      Bener mbak, riba itu godaannya kenceng banget ya :(
      Saya juga jujur masih belum lepas dari bank konvensional tapi sedikit-sedikit berusaha juga untuk nyari yang syariah-syariah nih mbak

      Delete
  3. dulu pertama pakai kerudung, saya juga masih suka pakai celana jeans dan kemeja gombrong, terus pindah ke rok plus tunik atau kaos panjang, kini gamis yang ada di lemari...(ya iyalah udah emak...emak...gayanya sikit aje)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting prosesnya sih mbak kalo menurutku.
      Apalagi tiap orang jalannya beda-beda kan... ada yang begitu hijrah bisa langsung bergamis...ada yang pelan-pelan merubah dari jeans ke kulot dulu

      Delete

Hai~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Semoga tulisan gw membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin