Follow Us @soratemplates

Tuesday, 16 April 2019

Umroh dan Obat Penunda Menstruasi

Assalamualaikum. Annyeong~

Menstruasi adalah hal yang lumrah 'disambut' para wanita setiap bulannya. Ada yang menyambut dengan bahagia karena bisa libur sejenak dari kewajiban beribadah heheh tapi banyak juga loh yang khawatir dengan kedatangannya gara-gara rasa nyeri, perubahaan mood dan perasaan gak nyaman yang bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari kita.

Apalagi kalo detangnya si M ini bebarengan dengan rencana traveling kita... 
Terutama rencana traveling yang melibatkan ibadah kaya Umroh atau haji yang mewajibkan kita berada dalam kondisi suci. Rasanya kecewa dan sedih banget gak sih kalo udah jauh-jauh ke tanah suci tapi malah gak bisa fokus ibadah karena menstruasi :(

So, kali ini gw mau nulis pengalaman gw 'ngakalin' menstruasi supaya gak bentrok dengan rencana perjalanan umroh gw.

Sebenernya cara paling gampang untuk ngakalin jadwal mens biar gak bentrok sama jadwal umroh itu ya dengan cara ngambil paket umroh yang tanggalnya jauhan dengan tanggal mens kita. Bisa sebelum atau sesudahnya.

Tapi waktu itu kondisinya gw udah gak mungkin untuk ganti tanggal apalagi ganti travel karena paspor gw masih belum jadi dan nyokap gak mau ganti travel langganannya -_-

Kemudian gw mulai rajin berselancar di Google untuk cari tau cara lainnya. Ketemulah 2 cara lainnya:

Pertama

Minum minuman bersoda ukuran 1 Liter yang harus habis sekali minum pas hari H mens supaya darah mens ini mampet. Cara ini udah ada yang nyoba dan katanya sih berhasil tapi menstruasinya jadi kacau gitu deh... pas minum minuman bersoda emang gak lama darahnya mampet tapi besokannya keluar lagi. Ini malah nambahin keribetan sih jadinya...

Setelah dipikir-pikir... aduuhhh.... kayaknya cara ini bukan buat gw deh. Gw paling gak kuat sama minuman bersoda T.T minum segelas aja bikin kembung seharian. Apalagi ini neggak sak botol gede sekali teguk... yang ada semaput dan gula darah langsung naik. No no no~

Kedua

Minum obat yang namanya Primolut/Norelut. Cara ini yang paling banyak dipakai orang-orang karena relatif lebih gampang, aman dan  berhasil 'menahan' si M sampai waktu yang ditentukan.

Oke. Cuma ini cara yang paling mungkin gw coba. 

Awalnya gw masih ragu untuk minum obat ini karena Primolut/Norelut adalah obat yang mengandung norethisterone yaitu progesteron (salah satu hormon dalam tubuh wanita) tapi dalam bentuk sintetis yang gak boleh sembarangan konsumsi karena banyak sedikitnya akan berefek ke tubuh makannya sebelumnya harus konsultasi sama dokter spesialis kandungan dulu.

Tapi setelah menimbang-nimbang antara efek dan manfaatnya mana yang lebih besar, akhirnya gw mantap untuk minum obat ini. Waktu itu rencananya gw berangkat umroh itu tanggal 30 Maret-7 April dan perkiraan mens gw adalah tanggal 1 April-8 April

Kemudian gw konsultasi ke salah satu dokter kandungan di Cirebon sekitar bulan Februari pertengahan biar gak mepet-mepet dan pas sekalian gw jenguk ponakan yang lagi di opname di RS tersebut. Terus dokternya ngasih gw Norelut 5mg dengan dosis 2x1 untuk 15 hari yang mulai diminum H-3 tanggal perkiraan mens gw yang tujuannya adalah memundurkan tanggal menstruasi gw. Berarti gw harus udah mulai minum Norelut ini sekitar tanggal 29 Maret ya...




Tapi dari yang gw baca dibeberapa blog, kebanyakan pada minum Norelut/Primolut itu dosisnya 3x1. Gw mulai ragu dan cemas takut dokternya salah ngasih dosis atau gw yang salah nangkep penjelasan dokter. Khawatir banget ntar pas umroh gw malah mens :( Akhirnya daripada penasaran, gw ke dokter kandungan lain di Karawang. Waktu itu gw baru sempet ke RS tanggal 21 Maret karena gw pikir:

"kan gw mempermasalahkan cara minum obat yang 2x1nya bukan kapan mulai minum obatnya jadi kayaknya gak apa-apa mepet-mepet ke hari keberangkatan umroh. Toh gw cuma mau konfirmasi dari sumber lain yang lebih terpercaya"

Ealaaahh... di dokter di Karawang ini gw diomelin dong. Katanya terlalu mepet kalo baru dateng sekarang (21 Maret) sementara berangkat umroh tanggal 30 Maret dan yang paling bikin dokter heran adalah kalo gw udah ke dokter kandungan lain harusnya gw udah minum obat sejak H-14 kalo H-7 apalagi H-3 baru minum obatnya udah pasti gw 'ambrol' pas lagi ibadah umroh. 

Justru pertanyaan utama gw soal 2x1 ini tidak terjawab. Dokter kedua yang gw temui tetep meresepkan gw minum Norelut/Primolut dengan dosis 2x1 dan nambahin durasi minum obat yang tadinya untuk 15 hari jadi untuk 20 hari (40 butir). Mungkin karena gw ada kista kali ya jadi dosisnya beda gak kaya orang-orang :3

Okedeh karena udah 2 dokter yang gw temui dan semuanya meresepkan norethisterone 2x1 barulah gw percaya. Maklum heheh background gw kan dari Biologi yaa jadi tingkat kewaspadaan gw terhadap obat-obatan (apalagi obat yang termasuk hormon-hormon sintetis) lebih tinggi heheh 

Sepulang dari RS gw mulai berhitung jam minum obatnya karena idealnya diminum per 12 jam dan setiap hari harus minum diwaktu yang sama. PR terbesarnya adalah menghitung perbedaan waktu Indonesia dan Arab Saudi yang beda 4 jam. Akhirnya gw memutuskan untuk minum obatnya sekitar jam 2 siang dan jam 2 malem WIB supaya pas gw udah di Arab Saudi, gw minum obatnya jadi jam 10 pagi dan 10 malem. 

Gak lupa gw juga setting alarm untuk minum obat yang malem dan reminder kalender untuk minum obat yang pagi supaya gak kelewat karena yakin banget deh selama di sana pasti akan sangat sibuk dengan kegiatan ini itu.

Hasilnya

Norethisterone BEKERJA SESUAI FUNGSINYA untuk memundurkan tanggal menstruasi :") Gw rutin gak kelewat minum Norelut/Primolut dari tanggal 21 Maret - 6 April (karena tanggal 7 April gw udah lagi perjalanan balik ke Indonesia) tiap 12 jam sekali dan setelah 3 hari berhenti minum obat, siklus menstruasi gw kembali.

Tapi walaupun udah minum obat, gw tetep jaga-jaga kok selama umroh selalu siap sedia pembalut ditas dan selalu pake pantyliner. Ya namanya juga usaha... manusia berkehendak, Tuhan yang menentukan.

Efek Sampingnya

Yang paling terasa adalah gw jadi jerawatan. Bukan jerawat yang meradang sih tapi kaya bibit-bibit bruntusan yang sebelumnya emang udah ada tuh jadi pada mateng. Jadi ya selama umroh muka gw jerawatan yang putih-putih gitu sampe nyokap gw gemes pengen mencetin katanya hehe

Selain itu BB agak naik ya walaupun gak banyak-banyak banget karena gw belum pernah gaining weight secepet ini karena gw tipe orang yang agak susah naikin BB, kurang lebih 2 Kg dalam 17 hari. Tau darimana ? karena gw nimbang BB sebelum, selama dan setelah minum si Norelut ini.

Efek samping lain yang jelas banget adalah yang berkaitan sama menstruasi gw.
Sebelumnya gw kalo mens itu sudah dipastikan 2 hari pertama akan banyak 'tergeletak' dikasur karena keram perut, mual, pusing dan sakit sebadan-badan macem abis dikeroyok gorila. Tapi di siklus bulan ini (pasca minum Norelut) yang gw rasain dihari-hari pertama cuma agak sedikit kenceng dibagian bawah perut aja. Gak pake pusing, gak pake mual, gak pake sakit badan :'))) Tapi justru volume darah yang keluar jadi lebih sedikit gak kaya biasanya. 

-----

Okedeh, sekian dulu ya cerita gw tentang Umroh dan Obat Penunda Menstruasi semoga bermanfaat buat yang lagi galau soal umroh dan menstruasi heheh

Wassalamu'alaikum and see ya~
"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"
💗Salam hangat and have a good day💗

No comments:

Post a Comment

Hai~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Semoga tulisan gw membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin