Follow Us @soratemplates

Wednesday, 29 May 2019

Buka Puasa Bersama di Lokasi KKN yang Penuh Kebersamaan

Assalamualaikum! Annyeong~

Sebagai orang yang introvert yang cenderung kesulitan untuk dapet temen baru dan beradaptasi dengan lingkungan baru, gw lumayan ketakutan sama salah satu mata kuliah wajib di kampus yaitu KKN (Kuliah, Kerja, Nyata). Soalnya selama masa KKN tersebut, kita sebagai peserta KKN akan tinggal dirumah warga, harus bisa membaur dengan warga sekitar dan juga melaksanakan program-program pemberdayaan masyarakat sesuai disiplin ilmu. Baik secara individu maupun berkelompok.

Contohnya gw yang latar belakangnya Biologi, bikin program KKN berupa daur ulang sampah dan sosialisasi keanekaragaman hayati di sekolah-sekolah. Sementara temen gw yang dari Teknik bikin program KKN berupa "plangisasi" yaitu bikin petunjuk jalan untuk ditempatkan disekitar lokasi KKN.

Mau gak diambil... ya gak mungkin wong ini matkul wajib syarat untuk bisa ambil Skripsi disemester depannya, mau dipending ke semester depan... nanti makin lama gw lulusnya. Jadi yaudah deh, bismillah aja buat KKN. Cuma 2 bulan kok :)

Iyaaaa... 2 bulan di tempat baru, temen baru dan bertepatan sama bulan ramadan. Pertama kalinya gw gak ber-bulan puasa dirumah. Antara sedih dan penasaran gimana rasanya hahah

Pertengahan tahun 2014 akhirnya gw berangkat KKN di daerah Cangkringan, Sleman. Sengaja gw pilih lokasi dan Tim KKN yang sekitar Jogja aja supaya bisa mudik pas Lebaran ntar. 

Lha kok deket banget KKNnya ? Gak seruu...
Ada yang lebih deket lagi kok. Temen gw ada yang dapet lokasi KKN cuma dibelakang kosannya di Jl. Kaliurang bawah wkwkwk

Dari 2 bulan itu, bulan pertama kami fokus untuk kegiatan-kegiatan khusus di bulan ramadan sementara program KKN yang sebenernya baru efektif dilaksanakan setelahnya.

BACA JUGA : Inspirasi Makeup Lebaran a la Youtuber Nanda Arsyinta

Setiap harinya, selepas sholat Ashar, kami membantu kegiatan tadarus Al Quran di Masjid dekat rumah pondokan (rumah warga sekitar yang disewa sebagai tempat tinggal selama KKN). Kebetulan guru ngaji di masjid tersebut sedang berhalangan hadir. Gak susah kok... cuma meratiin mereka ngajinya udah betul apa belum... sebagian besar sih udah pada lancar-lancar ngajinya jadi ya agak gabut sih heheheh 

Kalo udah selese semua ngajinya, kadang-kadang anak-anak ini minta main sama "mbak-mbak KKN" dan foto-foto selfie katanya. Haduuhhh~ anak jaman saiki~

Abis itu, kami langsung bantu-bantu anak-anak perempuan yang kena giliran nyiapin acara buka puasa bersama di masjid. Salut banget... yang dapet giliran nyiapin buka puasa bersama gak cuma orang dewasa atau remaja aja, tapi anak-anak juga! Dan acaranya tiap hari. Untuk konsumsi juga dijadwal bergiliran dari warga sekitar. Pokoknya berasa kekeluargaan banget. Hal yang jarang banget gw temuin desekitar gw.

Gw dan temen KKN abis ngajarin ngaji
Tuh liat... mereka semua masih SD loh! Tapi udah ada kesadaran untuk bertanggung jawab sama jadwal ngurus buka puasa bersama. Gw jadi malu sendiri, udah segede ini tapi masih cuek sama kegiatan sosial disekitar rumah
Dari Warga, Oleh Warga, Untuk Warga
*kaya semboyan Demokrasi yak wkwkwk*
Setelah buka puasa bersama warga, lanjut dengan kegiatan maraton sholat Magrib, Sholat Isya dan Sholat Tarawih berjamaah. Baru abis itu kami bisa balik ke pondokan~

Tapi sesekali kami satu tim juga buka puasa diluar lokasi KKN kok. Katanya bosen pengen cari suasana baru sambil jalan-jalan bentar ke 'kota'. Kebetulan banget, lokasi KKN gw itu sejalur sama lokasi wisata di Gunung Merapi dan deket sama area kampus salah satu Universitas Swasta di Jogja, jadi ya banyak tempat makan yang asik, muat untuk banyak orang dan murah meriah.

Lokasi : The Waroeng Of Raminten Jakal, Umbulmartani-Ngemplak, Sleman
Beruntung banget anggota tim KKN gw orangnnya asik-asik dan bisa 'membawa' gw yang introvert dan kaku ini heheh. Gw bisa betah 2 bulan tinggal sama mereka dilokasi yang bener-bener baru. Soalnya mereka gak ribet, nyantai, humoris dan mau diatur. Bahkan ada 1 temen KKN yang sekarang jadi temen deket gw dan masih sering kontakan walaupun jauh-jauhan... padahal dia gak 1 rumah pondokan sama gw tapi bisa gitu jadi deket karena kita berdua nyambung kalo ngobrol hehehe

BACA JUGA : Mudik yang Diwarnai Drama

Beruntungnya lagi, tim KKN gw dikasih ijin untuk balik sebentar ke kampung halaman buat Lebaran. Waaaaa senengnya~ Walaupun cuma dikasih libur 5 hari (H-2 sampe H+2 Lebaran) tapi cukup buat mengobati kerinduan dirumah. Aturan yang sebenernya peserta KKN itu gak boleh balik dan harus berlebaran dilokasi KKN, tapi karena rumah pondokan kami mau dipakai untuk acara keluarga yang punya rumah jadi kami disuruh balik dulu deh heheh

Sekian dulu tulisan gw hari ini~
Semoga tetep semangat nulis untuk challenge dan yang paling utama semangat untuk maximizing ibadah di bulan puasa!


"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Wassalamu'alaikum and see ya~
💗Salam hangat dan have a good day💗

No comments:

Post a Comment

Hai~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Semoga tulisan gw membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin