Follow Us @soratemplates

Thursday, 16 May 2019

Cara menggunakan panci presto

Assalamualaikum! Annyeong~


Kalo denger kata "presto" otomatis otak kita langsung menuju oleh-oleh khas Semarang : Bandeng presto. Itu loh, salah satu jenis olahan ikan bandeng yang bisa dimakan sampe ke duri-durinya... pasti tau kan ?

Nah, asal muasal nama bandeng presto itu merujuk kepada salah satu teknik memasak ikan bandeng dengan cara dimasak dengan tekanan tinggi menggunakan panci khusus yang namanya panci presto atau pressure cooker.

>>>Mekanisme kerja panci presto

Biasanya, kalo kita masak dengan panci biasa kan pasti ada uap panas yang keluar dari panci karena ada celah antara panci dan tutupnya. Sementara, pada panci presto tidak ada celah sama sekali antara bagian tutup dan pancinya. Panci ini bekerja dengan cara "menjebak" uap supaya tetap berada dalam panci sehingga suhu didalam panci menjadi sangat panas (diatas titik didih air 100 derajat celcius). Jika ada kelebihan tekanan uap, maka uap akan dibuang melalui ventilasi.

Dengan kata lain, memasak dengan panci presto adalah teknik  memasak bahan makanan (ikan, daging, bebek) diatas suhu didih air dengan cara memanfaatkan uap.

Sumber: www.dapurmodern.org


>>>Keuntungan

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa suhu dalam panci presto itu diatas titik didih air, maka keuntungan memasak dengan panci presto dibanding panci lain adalah:

1) Lebih hemat waktu dan energi: Dengan suhu yang tinggi, otomatis energi dan waktu yang diperlukan untuk memasak jadi lebih singkat dibandingkan memasak dengan panci biasa yang lebih lama dan boros energi.

2) Lebih tidak merusak makanan : Bayangin deh kalo misal kita goreng ikan dengan suhu sepanas panci presto, ikannya bakal kaya gimana ? kemungkinan besar sih ikannya ancur lebur heheh 

>>>Cara menggunakan panci presto

Sebelum menggunakan panci presto, alangkah baiknya kita memahami panduan dasar menggunakan panci presto mengingat panci presto ini melibatkan suhu dan tekanan tinggi jadi kita harus super hati-hati.

  • Baca buku petunjuk penggunaan panci presto dari pabriknya
  • Pastikan panci dalam kondisi bersih dan tidak penyok. Jangan lupa mengecek bagian ventilasi uap panci presto.
  • Panci presto tidak boleh diisi lebih dari 2/3 total kapasitasnya. Jika memasak bahan makanan yang menghasilkan buih, maka panci tidak boleh diisi lebih dari 1/2 total kapasitasnya.
  • Pertahankan tekanan dengan cara mengecilkan api
  • Perhatikan waktu memasak karena memasak dengan panci presto harus tepat tekanannya. Kalo kelebihan bisa-bisa masakan kita jadi bubur.
  • Pastikan tekanan dalam panci presto sudah selesai dilepaskan ketika akan membuka tutup panci. Jangan paksakan membuka tutup panci jika masih sulit dibuka, itu artinya masih ada tekanan dalam panci
  • Pilih panci presto dengan kualitas terbaik
*Sumber: www.dapurmodern.org
Sekian tulisan gw hari ini mengenai cara menggunakan panci presto. Semoga bermanfaat :)


"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Wassalamu'alaikum and see ya~
💗Salam hangat dan have a good day💗

12 comments:

  1. Manfaat presto yang banyak, harus diimbangi dengan paham menggunakannya yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, apalagi kalo buat orang yang panikan kaya saya... soalnya kan kalo panci presto ngeluarin bunyi tuh. nah kalo gak paham panduannya bisa-bisa panik sama suara berdesisnya hahah

      Delete
  2. mengunakan panci presto itu perlu sabar dan gak panikan dengar desisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bener mbak dan gak bia ditingggal-tinggal ya masaknya

      Delete
  3. cucok dipraktekin jelang hari raya nanti nih mba.. buat masak opor.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih~ aduh udah terbayang aja nikmatnya makan opor pake ketupat

      Delete
  4. "presto" otomatis otak kita langsung menuju oleh-oleh khas Semarang, bener banget nih mba, klo kesemarang kurang afdol saya klo gak beli bandeng!

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan Bandeng Presto nya pasti auto beli yang merek Ju*ana hihi

      Delete
  5. memang enak ya pakai panci presto ini, daging cepat empuk, masak jadi lebih cepat deh

    ReplyDelete
  6. Kalau menutup prestonya kurang pas, bisa bahaya juga ya wkwkkw😲

    ReplyDelete
    Replies
    1. betulll~ harus-bener diperhatiin sebelum mulai masak pakai panci presto

      Delete

Hai~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Semoga tulisan gw membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin