Follow Us @soratemplates

Wednesday, 15 May 2019

Cara mudah menghilangkan bau mulut saat berpuasa

Assalamualaikum! Annyeong~



Selain lemes, haus, laper dan pusing... salah satu yang jadi concern orang berpuasa adalah soal BAU MULUT. Banyak orang yang tiba-tiba jadi pendiem pas puasa karen gak percaya diri akibat mulutnya yang bau naga hehehe... Padahal ada hadis yang mengatakan bahwa :

“Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk.” (HR. Bukhari no. 1894 dan Muslim no. 1151) sumber : muslim.or.id

Harusnya bau mulut bukan jadi masalah untuk orang yang berpuasa karena ada kemuliaan dibaliknya... tapi kan tetep aja, kalo mulut kita bau jadinya gak nyaman pas ngobrol sama orang karena berasa kita merenggut hak orang tersebut untuk menghirup bau yang tidak seharusnya terhirup hehehe 

So, berikut adalah beberapa tips untuk mnghilangkan bau mulut selama berpuasa:

Menjaga kebersihan mulut

Gigi, lidah dan seluruh rongga mulut kita merupakan tempat hidupnya mikroorgnisme karena jadi jalur pertama masuknya makanan kedalam tubuh. Ketika makanan tersebut tidak dibersihan dengan benar, maka sisa-sianya akan mengotori mulut kita dan menjadi "makanan" untuk para mikroorganisme. Nah para mikroorganisme ini kan gak diem aja ya selama hidup dalam mulut kita, mereka juga beraktivitas. Salah satu produk aktivitas mereka adalah ya bau mulut.

Makanya menjaga kebersihan mulut hukumnya wajib terutama saat kita berpuasa. Apalagi pas sahur kan lagi ngantuk-ngantuknya, abis makan langsung tidur terus lupa sikat gigi apalagi berkumur. Pas bangun tidur, berasa deh bau naganya hihih

Caranya dengan sikat gigi minal 2x sehari, berkumur dengan mouthwash dan bisa juga dengan rutin bersihin sela-sela gigi pakai benang gigi.

Banyak minum air putih

Karena lagi puasa, jadi banyak minum air putihnya pas berbuka, malam hari dan sahur ya... Selain untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan air, banyak minum air putih juga baik untuk menjaga kesehatan mulut loh.

Kenapa ? karena air liur atau saliva merupakan obat kumur alami yang mengandung antibakteri. Sehingga mikroorganisme yang ada didalam mulut bisa dibatasi pertumbuhannya dan tidak menyebabkan bau mulut. Dengan kata lain air liur mencegah kita dari bau mulut. 

Cuma sayangnya pas puasa, produksi air liur kita berkurang karena kan selama puasa mulut kita "istirahat" ngunyah sementara waktu. Makanya pas udah buka puasa kita disarankan untuk banyak minum air putih untuk menstimulasi produksi air liur.

Banyak konsumsi sayur dan buah

Terutama buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk dan lemon. Tujuannya adalah untuk menjaga kekebalan tubuh kita supaya mikroorganisme dalam mulut gak merajalela dan meningkatkan produksi air liur

Hindari makanan yang berbau tajam

Untuk sementara, hindari makan makanan yang berbau tajam seperti pete, jengkol dan bawang-bawangan dulu ya... Kondisi puasa dengan mulut kering aja udah bikin mulut agak berbau, apalagi kalo pas sahur konsumsi makanan yang berbau tajam ? makin bau deh ntar~

*Sumber : doktersehat.com, hellosehat.com dan halodoc.com


Nah itulah 3 tips menghilangkan bau mulut saat berpuasa. Caranya mudah banget kannn... 
Semoga bermanfaat yaaa~



"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Wassalamu'alaikum and see ya~
💗Salam hangat dan have a good day💗

No comments:

Post a Comment

Hai~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Semoga tulisan gw membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin