Follow Us @soratemplates

Saturday, 18 May 2019

Fashionable dengan baju tunik: Dari formal hingga kasual

Assalamualaikum! Annyeong~



Tunik adalah salah satu pakaian yang sangat populer disekitar kita. Terutama dikalangan muslimah dan para hijaber karena tunik dapat dengan bebas dipadupadankan dengan berbagai fashion item lainnya tanpa meninggalkan kesan syar'i yaitu longgar dan menutupi bagian tubuh.

Tidak seperti gamis yang berasal dari bahasa Arab 'qomish' yang artinya pakaian terusan hingga mata kaki, tunik berasal dari bahasa Inggris 'tunic' yang artinya pakaian longgar (biasanya tanpa lengan) yang panjangnya sampai ke lutut (Sumber: wolipop.detik.com). Namun di Indonesia definisi tunik agak berbeda dengan definisi asalnya karena mengikuti kultur dan budaya Indonesia yang menganut budaya ketimuran dan mayoritas penduduknya adalah muslim sehingga definisi tunik adalah pakaian atasan berlengan yang panjangnya sampai ke lutut.

Sumber: translate.google.co.id


Insipirasi penggunaan tunik a la Niklosebelas

Untuk meberikan kesan formal, pilih tunik yang bermotif batik atau warna polos lalu dipadankan dengan celana bahan warna gelap seperti hitam dan biru dongker dan sepatu dengan ujung tertutup seperti stiletto, pump, oxford atau loafer shoes. Pastikan memilih tunik yang cutting-nya simetris ya untuk semakin memberi kesan 'rapi'. Look seperti ini cocok digunakan untuk menghadiri acara seperti seminar, rapat dengan client atau  undangan pernikahan.

Having dinner at CiWalk after Job Fair Event
Tunik bahan wofis bertemu dengan celana bahan hitam dan sepatu tertutup

Khusus untuk menghadiri undangan pernikahan, tunik juga sangat cocok dengan bawahan rok bermotif batik atau songket. Jadi seperti baju kurung khas melayu tetapi dengan aksen modern.

Attending my sister's graduation
Tunik berbahan sifon dan rok pleated bermotif batik
note: jangan ditiru sepatunya xD

Jika ingin menggunakan tunik untuk acara kasual seperti nongki cantik sama temen, tunik dengan berbagai macam cutting baik yang simetris maupun asimetris, sangat cocok dipasangkan dengan celana kulot/rok panjang  dan sepatu flat ballerina atau moccasin. Ingin mengambahkan kesan sporty ? gunakan celana/rok berbahan denim dan sepatu sneakers atau running shoes.

Walking around at CiWalk
tunik kaos dipadukan dengan celana denim dan sepatu Moccasin
Korea ? No. Abis makan siang sama temen-temen lama di Dae Jang Geum, Jogja
Tunik berbahan kaos dan skinny jeans dipadukan dengan ballerina shoes

Sebelum memilih tunik sebagai atasan, ada baiknyamemperthatikan hal-hal berikut:

  • Pilih tunik dengan lengan panjang. Jangan pilih tunik dengan lengan 3/4 karena akan menambah PR kita untuk pakai inner yang senada dengan warna tunik
  • Perhatikan bahan tunik. Pastikan tunik yang kita gunakan tidak tipis menerawang.
  • Sesuaikan motif tunik dengan kerudung dan bawahan. Jangan sampai terlalu banyak menggunakan motif dalam satu look karena akan memberi kesan "ruwet, berat dan bertubrukan"
  • Yang terpenting adalah gunakan tunik yang bikin kita percaya diri


Sekian dulu tulisan gw hari ini :)

P.S. tulisan ini harusnya di-publish kemaren, tapi karena ada satu dan lain hal yang menyebabkan gw baru sempet nulis dan publish tulisannya hari ini. So hari ini gw harus publish 2 tulisan sekaligus huhuh... ngos-ngosan ternyata yaaaaaaa~


"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Wassalamu'alaikum and see ya~
💗Salam hangat dan have a good day💗

No comments:

Post a Comment

Hai~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Semoga tulisan gw membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin