Follow Us @soratemplates

Friday, 24 May 2019

Jangan Lewatkan Sholat Tarawih di Bulan Ramadan

Assalamualaikum! Annyeong~



Bulan ramadan adalah bulan penuh berkah. Dari 12 bulan, Allah memberikan kita 1 bulan khusus yang berlimpah dengan pahala dan kemuliaan didalamnya. Bulan dimana setan-setan dibelenggu, pintu neraka ditutup dan pintu surga terbuka lebar. Bulan dimana turunnya Al Quran sebagai petunjuk dan jalan hidup. Bulan dimana terdapat malam lailatul Qodar yaitu malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Bulan dimana amal ibadah yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya dan semua doa-doa yang kita panjatkan akan dikabulkan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: 

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.”

Allah tuh baik banget ya...
Allah sampe menyediakan dan memfasilitasi kita untuk berlomba-lomba dalam beribadah, mencari pahala dan berkah sebanyak-banyaknya lewat bulan ramadan... masa mau kita sia-siain sih ? Sayang banget kan...

Nah salah satu ibadah yang dapat kita maksimalkan selama bulan ramadan adalah sholat tarawih. Apalagi sholat tarawih hanya bisa dilakukan di bulan ramadan. 

Tuh! Sholat tarawih itu Limited  Edition loh... cuma ada di bulan ramadan doang... masa mau di-skip gitu aja ? apa gak ngerasa rugi ?

Secara bahasa, tarawih artinya istrirahat sekali. Sementara menurut istilah, tarawih artinya qiyam ramadan yaitu sholat di malam hari di bulan ramadan. Hukum dari sholat tarawih ini adalah sunnah muakkad yaitu sunnah yang sangat dianjurkan. Pengerjaannya dilakukan selepas isya sampai terbitnya fajar, boleh dilakukan sendiri atau berjama'ah... lebih utama bila dikerjakan berjama'ah di masjid. Sementara untuk jumlah rokaat, pada umumnya adalah 11 rokaat (8 rokaat sholat tarawih + 3 rokaat sholat witir) atau 23 rokaat (20 rokaat sholat tarawih + 3 rokaat sholat witir). Tinggal pilih mau yang mana.

Allah lagi-lagi ngasih kemudahan kita untuk ibadah.
Waktu pengerjaannya longgar...
Bisa dikerjakan sendiri atau berjama'ah...
Ada pilihan jumlah rokaat yang bisa dikerjakan...

Jadi... masih ada alasan untuk gak tarawih pas bulan ramadan ?

"Aduhh~ kan capek abis pulang kerja malam hari, masa masih harus sholat dengan jumlah rokaat segitu banyaknya ? Lagian kan gak wajib..."

Iya sih bener, sholat tarawih itu gak wajib... tapi tau gak 3 keutamaan sholat tarawih ?

Pertama, akan mendapatkan ampunan dosa yang telah lalu.
Kedua, shalat tarawih bersama imam seperti shalat semalam penuh.
Ketiga, shalat tarawih adalah seutama-utamanya shalat.


Kadang-kadang emang pas sholat tarawih kita ngerasain capek... kadang juga disertai rasa kantuk akibat kekenyangan pas buka puasa. Tapi inshaAllah, perjuangan kita untuk mengerjakan sholat tarawih akan dilihat sama Allah

Sholat tarawih ini ibarat pelengkap dari puasa bulan ramadan untuk gw... jadi kalo udah puasa ramadan, rasanya gak komplit kalo gak pake tarawih. Apalagi banyak keutaman didalamnya. Makanya sebisa mungkin sholat tarawihnya jangan ada yang bolong. Pokoknya gas pol ibadahnya di bulan ramadan... mumpung lagi banyak sale pahala :D

Sale dan diskon pakaian di toko dikejar-kejar, masa sale pahala dianggurin aja ?

Sekian dulu tulisan gw hari ini.
Semoga kita termasuk kedalam orang-orang mampu untuk memanfaatkan bulan ramadan dengan sebaik-baiknya. Aamiin


"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Wassalamu'alaikum and see ya~
💗Salam hangat dan have a good day💗

8 comments:

  1. ramadhan ini momen yang spesial untuk memperoleh banyak pahala, termasuk dari shalat teraweh yang cuma ada di bulan Ramadhan, sayang kalau dilewatkan begitu saja, dimana bulan ini kebaikan diganjar berkali2 lipat.

    salam kenal mbak, semoga berkenan berkunjung kembali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak. Rasanya sayang kalo sampe ngelewatin sholat tarawih tuh... ibaratnya ini sholat sunah yang limited edition gitu

      Salam kenal juga ^^ inshaAllah saya akan berkunjung

      Delete
  2. Biar sehat juga ya mbak, habis kekenyangan buka puasa dan sholat wajib, kita ga langsung tidur, tapi sholat tarawih. Lebih aktif :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi abis tarawih jadi laper lagi #eh
      apalagi kalo tarawihnya 23 rokaat dan jalan kaki ke masjidnya hihi

      Delete
  3. Bener itu judulnya, soalnya solat tarawih adanya di bulan Ramadhan aja ..So manfaatkan yuk kesempatan itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari berlomba-lomba mencari pahal di bulan ramadan ya mbak

      Delete
  4. setuju banget mbak, karena teraweh ini spesial sangat sayang untuk di skip begitu saja. Kapan lagi coba ketemu teraweh kalau bukan di bulan Ramadhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaap~ ibaratnya tarawih itu sholat sunah yang limited edition, cuma ada di ramadan aja

      Delete

Hai~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Semoga tulisan gw membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin