Follow Us @soratemplates

Tuesday, 21 May 2019

Mudahnya Membayar Zakat, Infaq dan Shodaqoh Secara Online Lewat SharingHappines.org

Assalamualaikum! Annyeong~


Tema challenge menulis hari ini adalah tentang Zakat, Infaq dan Shodaqoh. 
Seperti biasanya, sebelum mulai menulis gw sesekali suka blog walking (BW) dulu... niatnya sih buat cari inspirasi kira-kira mau nulis tentang apa dan kaya gimana. Sejauh pengamatan gw lewat BW, kebanyakan pada nulis tentang perbedaan dari Zakat, Infaq dan Shodaqoh. 

Karena itu, gw terinspirasi untuk menulis yang agak beda yaitu tentang kemudahan membayar zakat, infaq dan shodaqoh secara online. Mengingat sekarang ini apa-apa udah bisa lewat online di smart phone... Mulai dari belanja, beli makanan, bayar tagihan air dan listrik sampe beli tiket kereta/pesawatpun udah bisa kita lakuin lewat sebuah HP bermodalkan internet banking. Segampang itu ya... 

Begitu juga dengan pembayaran untuk zakat, infaq dan shodaqoh. Udah banyak pihak-pihak terpercaya yang membuka jasa penyaluran zakat, infaq dan shodaqoh loh. Jadi gak ada alasan untuk males bayar zakat, infaq dan shodaqoh karena bingung gak tau harus bayar kemana.

Salah satu platform yang menyalurkan pembayaran zakat, infaq dan shodaqoh adalah sharinghappiness.org yaitu wadah penggalangan dana sosaial secara online yang dimiliki oleh Rumah Zakat, Lembaga Filantropi Internasional yang memiliki jaringan Nasional dan Internasional. Sehingga Program-program yang digulirkan di platform ini dapat terkoordinasikan langsung ke seluruh jaringan Rumah Zakat se-Indonesia. 


Bagaimana caranya jika ingin membayar zakat, infaq dan shodaqoh lewat SharingHappiness.org?


Gampang. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah  mendaftarkan diri di situs tersebut supaya kita lebih mudah kalo mau berdonasi dikemudian hari. Kita cuma perlu mengisi NAMA, ALAMAT EMAIL dan NOMOR HP aja. 

Langkah selanjutnya adalah memilih mau berdonasi untuk apa atau mau bayar zakat apa

Tinggal pilih mau berdonasi jenis apa

Pada bagian zakat terdapat 5 jenis zakat yang dapat dibayarkan lewat Sharinghappiness.org. Sebagai contoh, gw pilih "zakat penghasilan". Berbeda dengan infaq dan shodaqoh yang membebaskan donatur untuk berdonasi berapa aja dan kapan aja, sebelum membayar zakat kita harus menghitung dulu berapa nominal yang harus kita bayarkan. Jangan lupa pastikan harta benda yang akan kita zakatkan sudah mencapai haul dan nishabnya ya... 

Cara menghitungnya juga mudah. Kita tinggal input nominal pendapatan pada bulan tersebut dan hutang/cicilan yang kita miliki.


Contoh loh yaaa
Setelah hasil perhitungan zakatnya keluar dan mengisi nama kita sebagai donatur, langkah selanjutnya adalah pilih metode pembayaran. Pada bagian pemilihan metode pembayaran, kita diberi banyak pilihan. Mulai dari transfer bank sampai pembayaran instan seperti Gopay.

Nanti kita bakal dapet email pemberitahuan untuk segera melakukan pembayaran tersebut.




Kalo zakat/infaqnya sudah dibayarkan, kita tinggal nunggu sistem untuk verifikasi secara otomatis aja deh. Gak perlu repot-repot upload bukti transfer dulu untuk bisa diverifikasi.

Gampang kan... kira-kira kalo dirangkum step by step nya kaya gini:

Sign in/Log in >>> pilih jenis donasi (infaq, zakat, wakaf dll) >>> khusus untuk zakat, sebelumnya harus menghitung nominal zakat dulu lewat kalkulator zakat yang udah disediakan >>> isi nominal donasi dan nama kita sebagai donatur >>> pilih metode pembayarn >>> bayar >>> verifikasi pembayaran secara otomatis oleh sistem >>> selesai

Sekian dulu tulisan gw hari ini... semoga mempermudah buat yang sedang cari tempat untuk membayar zakat dan berinfaq/shodaoq secara online.


"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Wassalamu'alaikum and see ya~
💗Salam hangat dan have a good day💗

6 comments:

  1. kalau bayar zakat lewat online seperti ini bisa dipercaya apa tidak ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya percaya mbak soalnya mereka dikelola sama Rumah Zakat, domain websitenya juga pake .org dan tiap bulan mereka ngirimin link laporan donasi bulanan jadi donatur bisa ngecek juga

      Delete
  2. wah sudah ada petunjuk cara pakai sharinghappiness, bermanfaat banget mbak siapa tahu nanti saya bisa berzakat lewat sini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih iya mbak Lailin xD selamat mencobaaa~

      Delete
  3. Terima kasih infonya mbak, jadi lebih paham mudah untuk berinfaq dan shodaqoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak~ jaman sekarang kayaknya apa-apa udah jadi lebih gampang ya

      Delete

Hai~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Semoga tulisan gw membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin