Follow Us @soratemplates

Tuesday, 14 May 2019

Perbedaan dan hukum memutihkan gigi dengan cara Bleaching dan Veneer

Assalamualaikum! Annyeong~

"Hun, liat deh... artis itu giginya putih banget ya"
"iyaa..."
"Putihnya aneh tapi. Putih banget tuh..."
"iya..."
"Di-veener tuh kayaknya. Lagi tren ya artis-artis pada mutihin gigi kaya gitu"
"...."
"Kamu nih iya iya aja. Adek kaya lagi monolog -_-"

Pasti temen-temen yang suka mantengin TV atau Youtube juga nyadar deh kalo sekarang banyak artis (terutama yang cewek) pada berlomba-lomba untuk memutihkan giginya, soalnya putihnya mencolok banget. Putih seputih-putihnya. Malah kadang ditambah dengan bikin "gigi kelinci" untuk menambah pesona penampilan. Mengingat warna, struktur dan bentuk gigi dapat menentukan tingkat kepercayaan diri seseorang.

Beberapa artis yang melakukan veneer yaitu Aurel Hermasyah dan Tyas Mirasih :

Gigi Aurel sebelum dan sesudah veneer
Sumber : www.brilio.net

Gigi Tyas sebelum dan sesudah veneerSumber : www.brilio.net

Ternyata, teknik memutihkan gigi tuh gak cuma veneer aja loh... ada juga teknik pemutihan gigi yang namanya bleaching. Tujuannya sama-sama untuk membuat gigi menjadi lebih putih. Tapi dari kedua teknik tersebut banyak perbedaannya, yaitu:

Teknik dan hasil yang didapat

Bleaching atau pemutihan adalah sebuah teknik untuk memutihkan gigi dengan melibatkan zat kimiawi berupa hidrogen peroksida. Sementara veneer adalah teknik pemasangan wajah atau rumah pada setiap mahkota gigi

Gampangnya, kalo bleaching gigi pada dasarnya sama aja kaya pas kita  nge-bleach baju putih dengan cairan khusus pemutih pakaian. Kalo veneer gigi ibaratnya kaya masang "jaket putih" di setiap gigi.

Hasil putih yang diperoleh 2 teknik tersebut juga cukup signifikan. Bleaching gigi hanya mampu mengembalikan warna gigi ke warna dasar gigi pasien (jadi hasil putihnya lebih natural) dan tidak semua gigi bisa diputihkan lewat teknik ini. Kalo veneer gigi bisa menghasilkan warna putih sesuai keinginan pasien (hasilnya putih pake banget) dan semua kondisi gigi bisa diputihkan dengan teknik veneer.

Pengerjaan

Bleaching gigi bisa dilakukan sendiri dirumah atau bisa langsung dikerjakan oleh dokter gigi sementara veneer gigi hanya bisa dilakukan langsung oleh dokter gigi spesialis.

Daya tahan dan biaya

Ada harga ada rupa. Bleaching relatif lebih murah dari veneer karena biaya bleaching gigi dihitung langsung untuk seluruh gigi yaitu sekitar 3 jutaan sementara biaya veneer dihitung pergigi yaitu sekitar 4 jutaan. Untuk daya tahannya, bleaching gigi bersifat temporer dalam hitungan bulan sementara veneer gigi bersifat lebih permanen dalam hitungan tahun.

*Sumber: tigadental.com dan dentaluniverseindonesia.com


Sebagai seorang muslimah juga kan kita pengen tampil cantik ya... emang artis aja yang boleh cantik hihi. Mungkin ada yang gak percaya diri dengan tampilan giginya sehingga kepikiran untuk memutihkan gigi. Tapi masalahnya kan ada ulama yang mengatakan bahwa merubah hasil ciptaan Allah itu dilarang karena dianggap jadi tidak bersyukur *CMIIW
Jadi, Pertanyaannya sekarang adalah:

Bagaimana hukum memutihkan gigi dalam islam ?

Menurut konsultasisyariah.com dan islampos.com menyatakan bahwa hukum memutihkan gigi adalah boleh karena memutihkan gigi adalah tindakan untuk membuat gigi menjadi cemerlang, dan hukum asal tindakan semacam ini adalah boleh, hingga terdapat kondisi yang menyebabkannya menjadi terlarang (Fatwa Syabakah Islamiyah, no. 74450) dengan catatan tidak ada tindakan mengikir gigi dengan tujuan untuk mempercantik tampilan.




Okedeh sekian dulu tulisan gw hari ini. Semoga semakin menambah pehaman soal cara memutihkan gigi :)


"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Wassalamu'alaikum and see ya~
💗Salam hangat dan have a good day💗

4 comments:

  1. Wah, jadi tahu perbedaannya nih. Nice info.

    ReplyDelete
  2. wiihh ngiluuuuu..

    Sesungguhnya, saya lebih suka liat warna gigi asli orang asal gak kuning banget gitu sih ketimbang liat gigi yang ketauan banget dikasih bayclin *eh :D

    Terlihat gak alami, udahlah alis rapi banget, gigi juga putih banget.
    Kek boneka hidup hahaha

    *astagfirullah, nyinyiiirrrr sayaaahh hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, gigi yang di-veneer tuh keliata banget kontras putih dan rapih bangettttt
      ya ada harga ada rupa sih hahha gak heran gigi orang yg di veneer bisa seputih dan serapih itu wong biayanya aja lumayan bangettt bisa dipake beli 3 motor secara cash kali ya

      Delete

Hai~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Semoga tulisan gw membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin