Follow Us @soratemplates

Thursday, 23 May 2019

Ramadan Saat Masa Kecil : Tarawih dan Kuliah Shubuh

Assalamualaikum! Annyeong~



Ramadan adalah bulan yang spesial.
Tak terkecuali bagi anak-anak... walaupun belum paham betul makna dan esensi dari bulan ramadan itu apa tapi tetep aja ramadan selalu dinanti, apalagi di masa kecil gw yaitu era 00' era, terdapat aturan libur panjang saat bulan ramadan. Makin seneng kan... udah ada euforia ramadan, ditambah libur panjang pula. 

Tapi sebagai ganti kegiatan belajar mengajar disekolah, kami sebagai anak sekolah (SD, SMP, SMA) dibekali buku kegiatan ramadan yang harus diisi sejak tanggal 1 ramadan - 30 ramadan. Isi bukunya beragam. Mulai dari doa-doa, check list sholat wajib, sholat sunnah dan puasa. Lalu ada kolom-kolom yang harus diisi dengan tadarus Al Quran harian dan intisari ceramah ustad. 

Sumber : www.websiteedukasi.com

Dengan adanya buku tersebut, banyak sedikitnya memotivasi anak-anak untuk berlomba-lomba mengisi bulan ramadan dengan kegiatan yang bermanfaat.

Ngomong-ngomong soal buku kegiatan ramadan, ada satu momen yang memorable sekali buat gw yaitu pada saat tarawih dan kuliah shubuh di mushola.

Tarawih

Jaman kecil gw sama sepupu gw selalu berangkat tarawih awal-awal... Sekitar jam 6.30 gitu. Alasannya biar dapet posisi sholat yang strategis di mushola yaitu dibalkon hahaha biar adem banyak angin kan... Kalo di bagian dalam mushola panas karena belum ada kipas angin.

Sebagai perbekalan sholat tarawih 23 rokaat yang buat anak kecil mah lama dan melelahkan, gw sama sepupu sesekali bawa cemilan kaya ciki atau mie instan yang dimakan mentah sama bumbunya wkwkwk 

Mending kalo cemilannya dimakan pas jeda sholat tarawih, ini mah makan pas lagi sholat. Iyaaa... Jadi pas orang-orang sujud baca doa, gw sujud juga tapi tangannya nyomot cemilan terus dimakan sambil sujud. Bagian ini jangan ditiru hahah

Kelar sholat tarawih, kita sebagai anak sekolah yang bertanggung jawab dan ada kewajiban mengisi buku kegiatan ramadan, buru-buru maju ke tempat imam sholat untuk rebutan dulu-duluan minta tanda tangan imam sebagai bukti di buku kegiatan ramadan bahwa kita beneran sholat tarawih atau yaaa seenggaknya bukti kita datang ke mushola deh... Kadang sampe sikut-sikutan sama anak lain hahah

Kuliah Shubuh

Walaupun namanya kuliah shubuh, jangan bayangin ada dosen dan mahasiswa duduk dalam kelas ya. Kuliah shubuh itu sebenernya adalah kegiatan dengerin ceramah dari ustad/imam sholat selepas sholat shubuh berjamaah di musholla/masjid. Ceramahnya singkat kok, cuma sekitar 15-20 menit aja. 

Sembari dengerin ceramah, kita juga nulis intisari ceramahnya di buku kegiatan ramadan. Abis itu minta tanda tangan ustadnya lagi. Rebutan lagi. Sikut-sikutan lagi hahahah

Biasanya, kuliah shubuh ini selese jam 5 pagi. Abis itu gw sama sodara dan tetangga rumah pada jalan-jalan keliling kampung sampe jam 7 pagi. Baru abis itu tidur atau dilanjutin main lagi ke rumah temen wkwkw

Sayangnya, kebiasaan ikut kuliah subuh dan jalan-jalan pagi ini semakin luntur seiring dengan semakin dewasanya anak-anak dilingkungan rumah. Akhirnya, untuk ngisi ceramah di buku kegiatan ramadan jaman gw SMP-SMA, gw cuma dengerin ceramah di TV abis itu tanda tangan ustadnya dikarang-karang sendiri hahah atau kalo kepepet, gw nyontek buku ceramah tahun lalu hahah

Kalo gw perhatiin, kayaknya anak sekolah jaman sekarang tuh gak se-exciting dulu untuk ngisi buku kegiatan ramadan. Kaya yang yaudah aja gitu ngisi sekenanya aja... abisnya gw udah ga pernah liat anak-anak kecil pada ngerubungin imam sholat abis tarawih.

Sekian dulu cerita gw mengenai ramadan saat masa kecil yang kalo diinget-inget jadi pengen balik jadi anak kecil lagi hahah adulting is pusying cyiiinn~


"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Wassalamu'alaikum and see ya~
💗Salam hangat dan have a good day💗

6 comments:

  1. Makan cemilan sambil sholat, itu wwowo banget. Yang dewasa gak ada yang tegur ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah ketauan soalnya mbak hihihi pake jurus ninja biar senyap gak berisik dan gak berantakan heheh

      Delete
  2. haduh bener nostalgia banget dikasih buku checklist ramadhan tuh mbak, sampai habis tarawih tuh antri sama anak anak lain, buat ke pak ustadnya buat minta ttd hihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka kasihan sama ustad/imam nya... kadang dia suka ikutan kedorong-dorong sama anak-anak yang antrinya pada rusuh hahah

      sekarang tuh udah gak ada yang kaya gitu. sayang banget ya padahal seruuu

      Delete
  3. Haha aku paling seneng bacain momen masa kecil ginian. Bener, Mbak. Zaman sekarang antusiasme anak2 kayaknya enggak seheboh zaman dulu. Hehe .. semoga cuma perasaan aja, aslinya mereka tetap semangat. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh mbak... bahkan anak-anak di desa yang biasanya kalo menjelang sahur pada keliling kampung buat bangunin sahur aja sekarang udah jarang :( jadi rasanya kurang semarak aja gitu

      Delete

Hai~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Semoga tulisan gw membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin