Follow Us @soratemplates

Thursday, 9 May 2019

Resep Sayur Asem Khas Indramayu Anti-ribet Anti-gagal

Assalamualaikum! Annyeong~

Yeay! Udah masuk hari keempat nih puasanya... so far so good kan ? 
Alhamdulillah... walaupun kemaren seharian gw cuma bisa tiduran aja karena keram perut, tapi challenge nulis gw masih lancar hehhe.
So untuk challenge nulis hari ke 4 adalah resep sayur asem.

Hemmmm~ sayur asem... paling enak dimakan sama nasi timbel panas pake ikan asin dan sambel terasi plus lalapannya! Yummy... 

Berasa banget ya suasana sundanya heheh. Iya dong, gw kan gini-gini blasteran sunda sama...sama...
eh bentar Indramayu-Cirebon itu masuknya sunda atau jawa ya ? Kalo dari letak geografis sih masuknya sunda tapi kalo dari historis dan bahasa daerah yang dipake... lebih masuk ke jawa sih tapi jawanya... jawa mirip ngapak gitu... aaaakkkkk kujadi bingung sendiri :D ya pokoknya itu lah ya...

FYI, sepengalaman gw, sayur asem itu bahannya agak beda dibeberapa daerah kaya di Jogja, sayur asemnya malah manisssss haduuhhhh gak masoookkk deh sama lidah ogut yang terbiasa sama sayur asem yang beneran asem hehehe... jadi kali ini gw mau berbagi resep sayur asem a la Indramayu yang anti-ribet anti-gagal yang rasanya asem-asem syeger gitu deh~
 


Bahan Sayuran (bisa diganti sesuai selera):

  • Daun Melinjo
  • Melinjo
  • Jagung
  • Labu Siam
  • Kacang Panjang
  • Kacang Tanah/Kacang Merah
  • Kol
  • Kecambah
  • Terong

Bahan Bumbu:

  • 3 siung bawang merah
  • 1-2 siung bawang putih (optional)
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • Asam Jawa/Asam segar yang warna ijo lalu geprek
  • Gula dan garam

Cara Memasak:

  1. Haluskan bawang merah dan bawang putih
  2. Masak air sampai mendidih
  3. Saat air sudah mendidih, masukan bumbu yang sudah dihaluskan, lengkuas, daun salam dan asam
  4. Masukan sayuran yang keras-keras seperti jagung, melinjo dan labu siam. Masak sampai agak lunak
  5. Saat sayuran keras sudah mulai lunak, masukan sayuran lainnya seperti kol dan kacang panjang
  6. Beri bumbu berupa gula dan garam sesuai selera. Jangan lupa test rasa
  7. Tunggu hingga semua sayuran matang
  8. Sajikan sayur asam bersama ikan asin, nasi panas dan sambal terasi

*Untuk variasi, bisa mengganti gula pasir dengan gula merah dan menambahkan terasi untuk memperkaya rasa
*Untuk yang suka pedas, bisa menambahkan cabe di bumbu halus
*Resep asli dari mbak Ina yang udah mau repot-repot ngetikin di WA padahal lagi ribet mau ke Pare :) hatur nuhun pisan mbak! semoga sukses persiapan WHV-nya!

Sumber : www.royco.co.id

Gimana ? gampang kan resepnya ^^
Selamat mencoba yaaa~


"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Wassalamu'alaikum and see ya~
💗Salam hangat dan have a good day💗

8 comments:

  1. Sama2 geulis...
    Aku padamu😚
    Padahal resepnya ga ta enak apa ga klo d recreate..😋

    ReplyDelete
    Replies
    1. kupercaya kamu~ hahah
      mbak kan sudah terlatih memasak hihi

      Delete
  2. Hmm sayur asem favorit saya nih, rasanya yang asem2 seger bikin makan jadi ketagihan, ups lagi puasa ntar iler netes :p

    ReplyDelete
  3. Kalau aku langsung masukin aja semua mbak, ga masukin yang keras2 dulu. hwehehe. enak ya pake timbel dan asin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung selera aja sih mbak tingkat kematangannya... soalnya kan sayur mah cepet matengnya ya gak kaya daging gitu heheh

      mantoel pokoknya mbak pake timbel dan ikan asin. Sayurnya dicampur ke nasi gitu

      Delete
  4. Pakai daun melinjo ya. KAlo sayur asem isini lebih dominan pakai kacang panjang gitu mbak, ga ada dedaunannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mbakkk, di sunda aja deh yang pake daun-daunan nih. Di Jogja pun cuma jagung sama kacang2an aja

      Delete

Hai~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Semoga tulisan gw membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin