Follow Us @soratemplates

Monday, 3 June 2019

Berbagi Sebagai Moment Terbaik Ramadan Tahun Ini

Assalamualaikum! Annyeong~

Moment terbaik di bulan ramadan ya... hmmm... sek tak mikir dulu.

Oke, ketemu.

Bicara soal moment terbaik di bulan ramadan, sebenernya jawabannya agak membingungkan sih. Pasalnya gw merasa gw masih gini-gini aja. Belum ada perbaikan atau minimal perbaikan yang gw alami masih terbilang minim banget.

Soal ibadah, gw merasa ada beberapa hal yang justru ke-downgrade kaya misalnya sholat tarawih cuma dirumah aja gak di masjid kaya dulu dan ngaji cuma asal ngaji aja gak kaya dulu yang punya target sehari harus ngaji sekian lembar. Tapi gw juga merasa ada beberapa hal yang ke-upgrade, contohnya gw bisa nyelesein ngaji Surat Al Kahfi di hari Jum'at. 

Simple dan keliatannya gampang untuk sebagian orang... tapi buat gw yang baru pertama kali sukses menjalankannya adalah sebuah kebanggaan tersendiri.


BACA JUGA : Strategi Mengelola Uang THR


Moment lain yang cukup berkesan buat gw adalah bagi-bagi THR.
Gw baru merasakan bagi-bagi THR ke krucil-krucil dan sodara-sodara lain sejak menikah 2 tahun lalu. Terutama tahun ini.

Kayaknya tahun lalu, baru beberapa bulan menikah... gw masih kaget dan masih dalam fase menyesuaikan diri dengan management keuangan yang gw buat sama suami. Baru ngerasain sindrom 'pegang duit' istilahnnya ya... jadi ketika hari raya tiba dan berkewajiban untuk ngasih THR, rasanya kaya sayang banget gitu kaya takut duit gw abis. 

Mikirinya, "duh tabungan baru segini, udah harus ngasih THR. Belum beli printilan-printilan lebaran. Makin terkuras aja duitnya. Kapan bisa beli ini kapan bisa beli itu kalo dipake mulu"

BACA JUGA : Strategi Mengelola Uang Bulanan


Tapi tahun ini berbeda.
Mindset "takut uangnya habis kalo dibagi-bagi terus" udah gw ubah. Udah gw buang jauh-jauh.
Alasannya adalah : 
Toh uang itu lama-lama akan keluar juga walaupun kita peluk erat-erat. They'll find the way out. Daripada keluar buat yang enggak-enggak, mending dikeluarin untuk nyenengin orang lain. Apalagi ke orang terdekat kita. Lagian kan mumpung bulan ramadan, bulan penuh berkah dan cuma ada setaun sekali. Apa salahnya ?

Uang itu kalo udah waktu keluar. Dia akan keluar dengan berbagai macam cara.
Pengalaman yang berharga banget buat gw nih. Beberapa waktu lalu, gw sempet ngomel-ngomel sama suami soal uang akibat kelakukan kerabatnya yang heemmmm banget. Gak pake babibu, Allah ngasih pelajaran keras ke gw soal keikhlasan. Minggu lalu, mendadak mertua gw sakit dan harus di operasi. Sebagai anak sulung dan anak lelaki yang udah mandiri, tentu suami gw harus bantu dari segi biaya operasi dan pengobatan kan... 

Believe it or not, nominal yang gw ributkan sama suami sebelumnya itu sama dengan nominal biaya RS yang harus suami gw keluarkan. Gw sampe mlongo... ya Allah~ bener ya Allah mah ngasih pelajaran tuh langsung to the point banget :( jadi malu.

Jebreeetttttt! Tau rasa lu Nik. Makanya jangan pelit~

Alasan lainnya adalah :
Kita gak akan kekurangan jika harta yang kita keluarkan untuk hal-hal yang baik. Allah itu maha melihat niat seseorang. Allah itu maha mencukupi. Nanti Allah yang ganti semua dengan yang berlipat-lipat.

Contohnya, minggu lalu gw baru berniat beliin gamis untuk kakak-kakak gw dan nyokap di salah satu mall di Karawang. Tapi gak jadi karena ukurannya gak ada dan gw udah gak sempet nyari ketempat lain. Beberapa hari kemudian pas gw mudik ke rumah nyokap, kakak gw mewariskan gamis-gamisnya yang udah pada kecil ke gw. Masya Allah. Rezeki yang gak terduga.


BACA JUGA : Mengisi Waktu Selama Bulan Ramadan


Eh tau-tau nyokap gw ngasih 1 gamis baru juga buat gw. Jadi beberapa bulan lalu gw sma nyokap ke tukang jahiT untuk bikin gamis baru. Punya gw kainnya kain velvet warna kuning sisaan kain bahan seragaman pas gw nikah 2 tahun lalu... sebenernya agak gimana gitu gw bikin gamis warna kuning tuh... kaya simpatisan partai soalnya wkwkwk tapi daripada nganggur jadi mau gw bikin baju aja. Sementara punya nyokap itu kainnya kain paris warna ungu dan mau dibikin gamis berlayer gitu. Emang rejeki mah gak kemana, si tukang jahit salah ukuran dong. Kain paris warna ungu itu dibikin gamis untuk ukuran gw heheheh dan gamisnya Masya Allah cantik. Beyond my expectation.

Suka speechless sama kebaikan dari Allah tuh...

Segala sesuatu emang gimana kita memandang dan menyikapinya

Berbagi, jika dipandang dari segi matematis ya emang bakal mengurangi harta. Tapi jika dipandang dari sudut lain ternyata gak melulu soal harta yang makin berkurang makin habis, justru semakin bertambah dengan cara yang gak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Sekian dulu tulisan gw hari ini, semoga ada manfaat didalamnya.


"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Wassalamu'alaikum and see ya~
💗Salam hangat dan have a good day💗

6 comments:

  1. Ramadhan memang mampu mengubah segalanya. Semoga amal ibadah kita diterima-Nya. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkah ramadan ya mbak =)))
      Aamiin semoga semua doa yang kita panjatkan bisa Allah kabulkan juga. Aamiin

      Delete
  2. Alhamdulillah, Ramadhan banyak memberi hikmah...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak :))) banyak hikmah yang diambil selama ramadan tahun ini

      Delete
  3. Bener mbak, uang itu kalau didiemin bakal ada aja caranya buat keluar. Jadi mending kita bagikan ke kerabat biar si uang terus bergerak. Saya juga sempet mikir gitu, uang THR bakal habis nih kalau kasih-kasih ke orang-orang, tapi yaudahlah daripada uangnya keluar ke hal-hal yang tidak baik, mending buat kasih orang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kaaann...
      Allah mah pasti ada aja caranya, sampe kadang-kadang speechless :")

      Delete

Hai~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Semoga tulisan gw membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin