Follow Us @soratemplates

Saturday, 1 June 2019

Jajanan Favorit Saat Lebaran

Assalamualaikum! Annyeong~



Alhamdulillah, kita udah puasa sampai hari ke-27 nih...
Hawa-hawanya udah hawa-hawa Lebaran horeeee. Bentar lagi pasti kedengeran suara lagu-lagu qosidah dan puji-pujian dari Masjid dan Balai Desa deket rumah yang manggil-manggil warga untuk segera menunaikan zakat fitrah. Kalo udah kaya gitu, rasanya antara sedih dan seneng rasanya.

Sedih karena harus berpisah sama bulan ramadan dan segala macam kebiasaan baik yang udah kita bangun selama sebulan. Seneng karena bentar lagi hari raya! Artinya banyak makanan enak yang khas Lebaran~

Dari beragam kue dan makanan yang hadir di hari raya, adad beberapa kue dan makanan yang menjadi favorit gw.

Bolu Ketan Hitam

This is my ultimate favorite cake ever! Enaknya gak bisa digantiin sama kue lain.
Bolu ketan hitam ini biasanya ada dirumah nenek gw di Sumedang. Sebenernya kue ketan hitam ini adalah spons cake biasa tanpa tambahan selai atau cream diatasanya. Tapi yang bikin dia istimewa adalah adanya campuran ketan hitam yang memberikan tekstur grainy. Rasanya gak terlalu manis tapi gurih dengan aroma khas ketan hitam. Aduh~ ngetiknya sambil mbayangin rasanya...

Suatu hari gw pernah nyoba bikin bolu ketan hitam ini tapi gagal ๐Ÿ˜ kuenya bantet banget udah aya adukan pasir bangunan wkwkw Sepertinya diriku tidak ditakdirkan untuk berkutat dalam dunia pastry hihi

Sumber: resepkuekeringku.com


Sagu Keju

Kastengel ? Skip.
Putri salju ? Skip.
Nastar ? Skip.
Sagu keju ? Sikaaattttt sampe habisss

Dari 4 kue kering yang biasanya nongkrong dimeja-meja untuk menyambut para tamu, gw paling suka sama sagu keju soalnya sagu keju ini paling beda dari 3 kue lainnya yang berasa banget rasa tepungnya. Rasanya sagu keju tuh gurih tapi manis juga. Selain itu lembut dimulut tapi masih bertekstur karena ada campuran parutan keju didalamnya. 

BACA JUGA : Tradisi Lebaran : Bikin Rujak Cuka

Sumber: ResepKoki.id


Bakso kuah

Menjelang jam makan siang di hari raya, pasti deh warung-warung bakso pada penuh sama pembeli. Apalagi biasanya pada beli dalam jumlah yang banyak karena untuk dimakan rame-rame sama keluarga besar. Yaaa... gimana gak sampe serame itu, bakso tuh ibaratnya kaya oasis ditengah padang gurun opor ayam hahah 

Penyegar dikala semua rumah hampir semuanya menyajikan opor ayam lagi... opor ayam lagi~
Sumber: Liputan6.com

Rumbah/Lotek

Rumbah dan Lotek itu serupa tapi tak sama. Mereka berdua juga mirip sama pecel.
Sama-sama terdiri dari campuran sayuran (biasanya kangkung, toge, timun hijau yang mirip sukini) yang direbus lalu diberi bumbu khusus. Itulah yang membedakan ketiganya.


BACA JUGA : Berburu Baju Lebaran Dari Masa ke Masa

  • Rumbah: diberi bumbu berupa sambel kacang pedas yang dikasih perasan jeruk limau. Sehingga rasanya pedas tapi seger.
  • Lotek: diberi bumbu berupa ulekan bumbu kacang (bisa pedas/gak pedas) yang diberi sedikit irisan remucu (pisang yang masih ijo banget. Sama kaya rebung untuk pohon bambu) lalu diulek sampe halus dan diberi campuran air asam jawa. Ada juga yang nambahin terasi untuk memperkaya rasa.
  • Pecel: diberi bumbu berupa ulekan bumbu kacang dengan campuran gula merah sehingga rasanya cenderung manis.

Biasanya rumbah/lotek paling enak dimakan sama kerupuk atau cilok (dikenal juga sebagai kojak atau bakso aci) atau lontong. Mantul banget buat jadi cemilan yang bikin seger dikala udah bosen sama segala sesuatu yang berkuah dan bersantan.

Sepintas mirip sama pecel kan
Sumber : BloggerMangga.com

Aduuhh... cukup 4 dulu ya yang gw tulis hari ini. 
Tak kuasa diri ini membayangkan nikmatnya huhuh *sabar-sabar magrib masih lama
Semoga menambah referensi kuliner kalian yaaa

"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Wassalamu'alaikum and see ya~
๐Ÿ’—Salam hangat dan have a good day๐Ÿ’—

8 comments:

  1. Wah,..enak tu teh makanan berbukanya,..ada bakso apalagi ditemeni dengan teh botol,..pasti berbukanya lebih kerasa,..ea salam kenal teh, saya kuanyu, ditunggu kunjungannya ya ๐Ÿ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. apapun makanannya, minumnya teh botol hahaha
      Salam kenal juga ^^ siap meluncur ke blog nya~

      Delete
  2. Salam kunjungan dan follow disini ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga ^^ terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  3. Wah favorit saya juga tu bolu ketan hitam, di sini jarang jual jadi buat sendiri deh :)

    ReplyDelete
  4. Bumbu Lotek kayak bumbu rujak cingur disini nih mbak, ada pisang ijonya. Kalau lebaran, di rumah bikin bakso, soalnya kayaknya warung bakso bakal laris manis, hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya ? rujak cingur itu yang pake hidung sapi kan ya ?
      Iyaaa benerrr, warung bakso kalo lebaran udah kaya apaan ramenya minta ampun haduuhhh

      Delete

Hai~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Semoga tulisan gw membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin