Follow Us @soratemplates

Friday, 12 July 2019

Yuk Bikin Sendiri Es Kopi Susu Kekinian

Assalamualaikum! Annyeong~


Saya suka sama kopi tapi karena saya punya gastritis, jadi gak bisa minum kopi yang terlalu kuat macem Espreso atau Americano. Harus kopi yang udah dicampur susu gitu... Sebelum mengenal es kopi susu, saya biasanya minum kopi sachet-an hahaha tapi lama-lama kok ngerasa gak enak sama kopi sachetan ini karena setelah minum kopi malah bikin mulut asem dan ngantuk (lha iya wong isinya banyakan gula dan ampas kopi wkwkw)

"Kopi kok digunting ?"
Ah bodo amat, yang penting saya dapet asupan kafein heheh

Terus saya mulai suka es kopi susu kekinian pas iseng nyobain es kopi susu karamel punyanya Kopi Kenangan di KoKas. Langsung jatuh cinta~ Inilah kopi yang saya cari. Rasanya light, sedikit manis tapi masih ada rasa kopinya dan yang pasti gak bikin mulut asem.

Cuma sayangnya Kopi Kenangan kan cuma ada dibeberapa kota aja yak.... jadi akhirnya ya balik lagi ngopi kopi sachetan huhu. Fortunately, suatu hari pas lagi menjelajah Twitter, muncul resep es kopi susu dari chef @tiarbah yang sebelumnya udah sering bagi-bagi resep masak darurat dengan alat dan bahan seadanya (Untuk resep lainnya boleh cek Instagram-nya @tiarbah di @masakdarurat)

Yuk lah, tanpa banyak cincong lagi ini lah resep:

ES KOPI SUSU ala @tiarbah


Bahan : 

  • Susu Ultra full cream 250 mL
  • Kental Manis (sesuai selera)
  • Kopi Nescafe Classic 2 sdt
  • Es Batu
  • Air Panas 30 mL (dikira-kira aja... 30 mL itu sekitar 1/8 air mineral kemasan gelas)

Cara Buat :

  1. Seduh 2 sdt kopi Nescafe Classic dengan 30 mL air panas lalu sisihkan
  2. Siapkan es batu dalam gelas saji/botol tumblr
  3. Masukan kental manis dalam gelas sesuai selera (sedikit dulu biar gak kemanisan)
  4. Tambahkan susu ultra
  5. Terakhir masukkan kopi yang sudah diseduh tadi (sedikit-sedikit dulu jangan sekaligus)
  6. Atur tingkat kemanisan dan rasa pahit dari kopi dengan menambah kental manis dan kopi sesuai selera.

Enaknya bikin es kopi susu sendiri adalah kita bisa mengatur tingkat kemanisan dan "kekuatan" kopi sesuai dengan kemampuan perut dan dompet hihi... 

Ohiya, susu UHT bisa diganti dengan merk lain asal yang full cream. Pemanisnya juga bisa diganti dengan gula aren atau karamel loh. Tapi untuk kopi gak bisa diganti dengan jenis dan merk lain karena saya pernah coba pake bubuk kopi yang suka ada di kamar-kamar hotel itu hasilnya gak enak banget... paling pas emang Nescafe Classic sih.

Gampang kan bikinnya ?
Udah gitu bisa menghemat budget ngopi diluar yang sekali minum minimal ngeluarin uang 18k-25k

Selamat Ngupi~



"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Wassalamu'alaikum and see ya~
💗Salam hangat dan have a good day💗

12 comments:

  1. Bisa dicobain nih!
    Dijamin sedap, apalagi pake susu ultra mixed ama kental manis, wow banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak buat nemenin nulis di siang hari yang panas heheh

      Delete
  2. Jadi inget tasyafarasya, ya ga si 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa :D kalo Tasya Farasya pemanisnya pake gula pasir ya kalo gak salah ?

      Delete
  3. kalo aku suka kucampur milo, mbak. jadi moccachino. esnya yang banyak. mantabs. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah! Ide cemerlang nih... makasih infonya mbak. Kapan-kapan nyoba ah

      Delete
  4. Saya sudah pernah nyobain juga resep chef tiar, enaaaak banget. Jadi kalau kepengen kopi susu nggak perlu beli deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaa kaann :D terbaik emang Sep Tiarbah ini ya mbak hahah
      Sekarang karena udah bisa bikin es kopi sendiri jadi hemat uang jajan deh

      Delete
  5. Nah iya bener ngopi di luar bisa mahal banget mbak, ditambah lagi saya mesti kembung padahal ya ga murni kopi yang kopi banget gitu :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaa :D kalo saya bukan kembung mbak, jadi sakit perut malah heheh
      Mending bikin sendiri deh bisa ngira-ngira mau sekuat apa kopinya

      Delete
  6. Waaahhh mau cobain!
    Daripada beli, harganya berkali lipat ya hahahah
    Beli bahannya bisa dibikin berkali-kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa tapi jadinya tiap hari malah ngopi terus mbak heheh

      Delete

Hai~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Semoga tulisan gw membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin