Follow Us @soratemplates

Wednesday, 3 March 2021

Kunyit, si Komoditas Lokal dengan Beragam Khasiat


Template and photo by Canva, edited by Niklosebelas

Assalamualaikum! Annyeong~

Sebagai seorang anak yang lahir dan tumbuh di lingkungan pedesaan yang tak jarang banyak keterbatasan fasilitas kesehatan yang memadai, saya sudah familiar dengan pemanfaatan komoditas lokal untuk obat-obatan rumahan yang ramah lingkungan dan ramah sosial. 

Pasalnya, komoditas lokal seperti kunyit, jahe dan kencur sangatlah murah, mudah diperoleh dan tentu saja gampang untuk digunakan sebagai obat darurat. Selain itu, penggunaan komoditas lokal juga dapat meminimalisir produksi sampah sehingga lingkungan terjaga tetap bersih dan cantik

Apalagi dalam situasi pandemi seperti saat ini, komoditas lokal semakin booming karena manfaatnya yang tak hanya sebagai obat saat sakit tapi juga dapat digunakan untuk bahan baku jamu yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Sebuah dampak positif dari pandemi, Semakin banyak orang yang Memberdayakan komoditas lokal untuk sektor kesehatan. Tak cuma masyarakat rural tapi kini sudah merambah ke masyarakat urban. 

Dari sekian banyak komoditas lokal yang dimanfaatkan untuk sektor kesehatan, saya sangat tertarik dengan kunyit! 

Kandungan Kunyit

Tanaman dengan nama ilmiah Curcuma domestica atau juga dikenal sebagai turmeric merupakan tanaman yang banyak dijumpai diwilayah Asia Tenggara. Mengutip dari website Cancer Chemoprevention Research Center Universitas Gadjah Mada kandungan zat-zat kimia yang terdapat dalam rimpang kunyit adalah sebagai berikut :

a. zat warna kurkuminoid yang merupakan suatu senyawa diarilheptanoid 3-4% yang terdiri dari Curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.
b. Minyak atsiri 2-5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron
c. Arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, tanin dan dammar
d. Mineral yaitu magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium dan bismuth

Beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan:

Sebagai Anti Inflamasi

Zat aktif yang dimiliki kunyit disebut dengan kurkuminoid. Kurkumin adalah zat bioaktif yang penting yang banyak digunakan dalam bidang  kesehatan salah satunya sebagau agen anti inflamasi karena kurkumin terbukti dapat menekan kerja molekul yang menyebabkan inflamasi dalam tubuh pada level molekular. 

Meningkatkan kapasitas antioksidan tubuh

Radikal bebas dipercaya merupakan penyebab terjadinya penuaan. Radikal bebas ini juga sangat berbahaya karena langsung menyerang materi genetik tubuh. Oleh karena itu dibutuhkan zat antioksidan untuk menangkalnya. Salah satu antioksidan yang potent adalah kurkumin yang banyak dijumpai pada kunyit. Tak hanya menyangkal radikal bebas secara langsung, kurkumin juga membantu stimulasi enzim antioksidan tubub. 

Meningkatkan fungsi otak dan menurunkan resiko penyakit otak


Dalam menjalankan fungsinya, otak memerlukan salah satu jenis hormon pertumbuhan yang dikenal dengan brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Pada beberapa penyakit otak seperti Alzheimer's ditemukan adanya penurunan level BDNF. Setelah dilakukan penelitian, ditemukan bahwa kurkumin mampu meningkatkan hormon BDNF, sehingga kurkumin diyakini mampu meningkatkan fungsi otak dan melawan penyakit degenerative pada otak. 


Menurunkan resiko penyakit jantung


Adanya efek antioksidan dan anti inflamasi yang dimilikinya, kurkumin juga ternyata bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung karena mampu meningkatkan kerja endothelium pada sistem sirkulasi darah. Sebagaimana yang kita ketahui, disfungsi endothelium adalah penyebab utama dari penyakit jantung. 


Begitu banyak manfaat yang dimiliki kunyit. Sudah gampang diperoleh, murah, mudah dan berkhasiat pula. 
 

"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Wassalamu'alaikum and see ya~

💗Salam hangat dan have a good day💗

No comments:

Post a Comment

Hi~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa melakukan kunjungan balik :)
Semoga tulisan saya membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin